Published On: Sel, Mei 16th, 2017

Menghindari Serangan Virus Ransomware, DJP Tingkatkan Keamanan Data

da

Jalaon.com – Baru – baru ini, banyak pihak Industri dihebohkan oleh Virus Ransomware WannaCry yang menyerang sistem tempat penyimpanan data instansi di berbagai negara.

Di Indonesia, sebagian besar instansi juga melakukan pengamanan dan kewaspadaan yang lebih ketat demi menjaga keamanan data – data vital perusahaan dari serangan malware tersebut.

Sementara itu, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pun juga tengah meningkatkan kewaspadaan terhadap sistem yang menyimpan data – data penting.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat (Humas) Ditjen Pajak, Hestu Yoga Saksama mengatakan bahwa Unit Eselon I Kemenkeu dan semua unit yang lain sudah melakukan langkah – langkah untuk mencegah serangan gelombang virus tersebut.

“Kami sudah mem-back up data, upgrade sistem windows, dan antivirus, serta lainnya. Tadi sudah diinstruksikan oleh Direktur Teknologi Informasi Perpajakan kepada seluruh unit untuk melakukan itu,” katanya di Jakarta, Selasa (16/5/2017).

Hestu Yoga mengaku hingga saat ini sistem masih dalam keadaan aman dan normal, akan tetapi untuk meningkatkan keamanan, pihaknya telah melakukan pemantauan secara berkala.

“Sejauh ini aman, mudah-mudahan aman dan lancar semua. Operasional pelayanan tetap berjalan normal tanpa ada gangguan. Kami akan terus memantau secara berjenjang,” jelasnya.