Menko Polhukam : Pemerintah akan Bubarkan Semua Ormas yang Bertentangan dengan Pancasila

da

Jalaon.com –┬áMenteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan bahwa pemerintah akan membubarkan ormas – ormas yang dinilai anti dan bertentangan dengan Pancasila.

Wiranto menegaskan bahwa tidak hanya Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) saja yang akan dibubarkan, melainkan ormas lain yang dinilai bertentangan dengan nilai Pancasila juga akan dibubarkan.

“Kita tentukan sistem. Tidak hanya HTI, ormas apapun. Walaupun sudah┬ámengantongi izin, berbadan hukum, dan lain sebagainya,” kata Wiranto saat ditemui di Kantor Menko Polhukam Jakarta Pusat, Senin (15/5/2017).

Wiranto mengungkapkan bahwa negara Indonesia ini merupakan negara yang berdaulat, jadi semestinya tidak ada pihak manapun yang mengintervensi langkah pemerintah untuk membubarkan ormas yang dinilai bertentangan dengan dasar negara dan mengancam keutuhan NKRI.

“Lalu tatkala kita ingin melarang ormas itu, ada pihak-pihak yang justru tidak membenarkan langkah itu. Bagaimana negeri ini? Negeri ini kan berdaulat,” katanya.

Selain itu, Wiranto mengatakan bahwa langkah pemerintah untuk melarang ormas – ormas tersebut hanya untuk kebaikan bangsa agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan terjadi dalam bangsa ini.

“(Pembubaran) Betul-betul hanya untuk eksistensi, keselamatan dan keamanan bangsa ini. Untuk mencapai tujuan nasional bisa berjalan dengan baik,” tegas Wiranto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here