Menpan – RB Fasilitasi PNS Bus Gratis untuk Keperluan Mudik

IMG_20170602_125256

Jalaon.com – Dalam rangka menghindari dan menekan angka kemacetan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mempersilahkan bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) menggunakam bus milik kementerian dan lembaga (K/L) atau instansi negara untuk keperluan pulang kampung saat lebaran.

“Misalnya, untuk angkutan massal, bus kantor. Kan sekarang pemerintah menyediakan angkutan gratis kepada masyarakat seperti Kemenhub. Jadi kalau ada bus kantor yang dipakai pulang oleh pegawai yang golongan rendah, menurut saya ini bisa diizinkan oleh pejabat pembina kementeriannya,” kata Menteri PANRB Asman Abnur di  Kantor Kemenpan-RB, Jakarta, Kamis (1/6/2017).

Kemenpan membuat kebijakan tersebut juga dengan satu syarat, agar fasilitas pemerintah tersebut benar – benar digunakan untuk keperluan mudik dan tidak di komersilkan.

Selain itu, pegawai juga diwajibkan untuk mengikuti peraturan yang berlaku terkait penggunaan kendaraan bus tersebut dan agar dikonfirmasikan kembali kepada pemerintah setempat.

“Namun pada dasarnya harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Karena mobil dinas kan diatur dalam peraturan khusus dan itu sudah jelas aturannya. Jadi ikuti itu dan semua kebijakan diserahkan kepada pejabat pembina pegawai, seperti bupati, wali kota,” kata Asman.

Asman menegaskan bahwa fasilitas ini gratis untuk para pegawai dan tidak akan dipungut biaya sepeserpun. Selain itu untuk biaya operasional selama perjalanan agar dikonfirmasikan kembali dengan atasan masing – masing.

“Penumpang sudah pasti tidak dipungut biaya. Kemenhub saja gratis. Misalnya bus kantor digunakan pegawai golongan rendah dengan izin atasannya. Nanti pelaksanaan mereka untuk bensin, apakah ditanggung kantor atau seperti apa. Ini tidak dikomersialkan. Itu sudah ada aturannya dan tidak ada lagi aturan,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here