Menteri PPN Sebut Bulan Juni Daya Beli Masyarakat Turun Karena Hal Ini

Jalaon.com – Sebelumnya sempat dikabarkan melalui perhitungan analis dan data statistic bahwa daya beli masyarakat saat ini telah mengalami penurunan secara drastis.

Sementara itu Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa daya beli masyarakat masih tetap sama dengan tahun sebelumnya, hanya saja budaya masyarakat dalam jual beli telah berpindah ke online sehingga tidak dapat tercantum dalam data statistik maupun perhitungan pajak.

“Konsumsi kita banyak dipengaruhi online. Itu artinya, transaksi tetap jalan. Cuma mungkin data statistik dan pajak tidak bisa mereka itu (transaksi online),” ucap Bambang di Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Selain itu, Bambang menjelaskan bahwa pada bulan Juni 2017 ini memang terjadi penurunan daya beli dari hampir seluruh aspek mulai dari sepeda motor maupun mobil dikarenakan suatu kendala.

“Itu berfluktuasi karena Juni memang turun hari kerja pendek, penjualan turun hampir di semua aspek. Penjual libur, bagaimana mau ada transaksi,” jelasnya.

Bambang juga mengatakan bahwa saat ini pemerintah akan terus berupaya untuk bisa tetap mempertahankan daya beli masyarakat melalui kebijakan – kebijakan yang dapat mempermudah perizinan.

“Daya beli bukan normal, tapi kita harus tetap menjaga supaya konsumsi tetap kuat,” paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here