Menyeduh Kopi Ala Jepang Dirumah

d

Jalaon.com – Minuman hitam yang pertama kali ditemukan di negara Afrika ini, hingga saat ini masih sangat digemari oleh berbagai kalangan masyarakat di seluruh dunia.

Minuman ini semakin lama semakin berkembang dengan berbagai cita rasa, begitupun juga dengan cara penyeduhan kopi yang beraneka ragam. Salah satunya yaitu menyeduh kopi tanpa ampas dengan alat yang biasa digunakan oleh masyarakat Jepang, yaitu V60.

Alat ini berfungsi untuk menyaring ampas dan juga lemak kopi, sehingga kopi yang disajikan tidak memiliki ampas dan juga memiliki rasa yang lebih ringan. Bagi anda yang menyukai kopi, tidak ada salahnya mencoba membuat kopi dengan cara penyeduhan ala orang Jepang ini di rumah. Berikut ini caranya.

 

Bahan yang diperlukan :

1. Bubuk kopi yang digiling dengan sedikit kasar

2. Air mineral

 

Peralatan :

1. V60 drip coffee

2. Gelas / cangkir

3. sendok

4. Kettle / teko leher angsa

5. Kertas filter V60

 

Cara menyeduh kopi :

1.  Masukkan kertas filter kedalam alat V60

2. Basahi kertas filter dengan sedikit air panas, gunanya adalah untuk menghilangkan residu dan bau kertas

3. Tuangkan 10 gram bubuk kopi kedalam V60

4. Tuangkan 150ml air panas bersuhu antara 92 – 96 derajat celcius (jangan gunakan air mendidih karena akan merusak rasa kopi), dengan teko leher angsa secara perlahan pada permukaan bubuk kopi dengan gerakan memutar searah jarum jam

5. Tuangkan hingga air dalam teko habis, kemudian tunggulah sampai proses penyaringan kopi selesai dan air kopi sudah menetes seluruhnya kedalam cangkir

6. Aduklah menggunakan sendok secara perlahan

7. Kopi ala Jepang siap dinikmati!

Kopi ini akan lebih nikmat jika diminum tanpa menambahkan gula, namun apabila anda kurang menyukai rasa pahit, maka anda juga bisa menambahkan sedikit gula pasir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here