Minuman Kesehatan Terbaru Switchel, Benarkah Menyehatkan?

Saat ini sudah ada ratusan produk minuman kesehatan yang tersebar diseluruh pelosok negeri, mulai dari minuman alami sampai minuman olahan. Namun tahukah anda bahwa ada minuman kesehatan alami yang dipercaya menyehatkan tubuh?yaitu Switchel yang dikenal juga sebagai haymaker’s punch. Benarkah minuman ini menyehatkan?

Switchel merupakan sebuah minuman kombinasi dari cuka apel, jahe, air, dan sirup maple untuk memberikan rasa manis pada kombinasi tersebut. Terdengar menarik, tapi apakah benar minuman ini bermanfaat bagi kesehatan?

Bonnie Taub-Dix, RDN, pendiri situs BetterThanDieting.com dan penulis buku Read it Before You Eat It, menyatakan minuman tersebut biasa-biasa saja.

“Beberapa dari bahan minuman tersebut memang bisa membuat Anda merasa lebih baik, seperti jahe yang bisa membuat perut Anda lebih stabil dan mencegah mual setelah berolahraga, dan cuka apel yang dikaitkan dengan pengobatan pencernaan, agen detoks, dan manfaat bagi mereka yang mengidap diabetes,’ ujar Bonnie Taub-Dix.

“Lalu kemudian ada sirup maple, yang sepertinya memberikan perasaan membuat hari lebih baik dengan sarapan panekuk buatan Ibu,” lanjut dia.

Meminum Switchel juga bermanfaat karena mengandung cuka apel nya, namun bagi yang meminumnya, sudah dipastikan tidak akan tahan untuk tidak memuntahkannya.

“Minuman ini mengandung 50 kalori atau lebih pada setian 8 ons,” ujar Taub-Dix, yang sebabnya berasal dari ditambahkannya rasa manis dari sirup maple. Bahkan, satu gelas Switchel bisa dengan mudah mengandung hingga 17 gram gula.

Jaclyn London, R.D seorang Direktur Nutrisi Good Housekeeping Institute, menghimbau agar tidak meminum minuman ini. “Ini adalah minuman bergula, yang disamarkan sebagai minuman kesehatan karena adanya kandungan cuka apel dan jahe-yang mana keduanya merupakan super food,” ujarnya, seperti dilansir Goodhousekeeping, Kamis (4/8/2016).

“Lebih baik Anda mencampurkan kedua bahan hebat tersebut sebanyak satu atau dua sendok makan untuk dressing salad Anda. ” lanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here