Misteri Ruang Rahasia Firaun Terkuak Isinya…

Jalaon.com – Teka-teki ruang rahasia di piramida makam raja Mesir, Tutankhamun, akhirnya terkuak. Kementerian Purbakala Mesir mengumumkan bahwa tidak ada ruang rahasia itu, sebagaimana diyakini selama ini.
Menurut Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderal Dewan Tinggi Kementerian Purbakala Mesir, fakta tersebut didasarkan pada temuan sebuah tim ahli dari Italia. Berdasarkan penelitian dengan metode ground-penetrating radar scans, tak ditemukan adanya ruang tersembunyi itu.

Dikutip dari dream.co.id Penemuan terbaru ini bertentangan dengan dugaan ahli Mesir Kuno dari Inggris, Nicolas Reeves, yang dibuat pada tahun 2015. Reeves menyebutkan bahwa makam Ratu Nefertiti –ibunda Tutankhamun– disembunyikan di balik lukisan dinding ruang makam anaknya itu.

Temuan Reeves itu didasarkan pada pemindaian laser definisi tinggi. Sedangkan pemindaian oleh para ilmuwan Jepang dan Amerika tidak dapat disimpulkan.

Tutankhamun – yang namanya ditulis dalam hieroglif sebagai Amen-tut-ankh karena kebiasaan juru tulis kuno yang menempatkan gelar dewa untuk menunjukkan penghormatan – sering dianggap sebagai ikon populer dari peradaban Mesir Kuno.

Naik tahta pada usia sembilan atau sepuluh tahun, ia memerintah dari 1332–1323 Sebelum Masehi. Tutankhamun kemungkinan memerintah Mesir Kuno di bawah pengaruh penasehat yang kuat.

Makamnya ditemukan oleh arkeolog Inggris, Howard Carter, pada tahun 1922. Makamnya merupakan salah satu yang paling terjaga kondisinya. Isi makamnya juga menjadi yang paling banyak dipamerkan dari semua barang antik Mesir Kuno.

Benda-benda peninggalannya secara bertahap telah dipindahkan oleh Kementerian Purbakala ke Grand Egyptian Museum yang baru, yang sekarang dikatakan telah lengkap 70 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here