Published On: Sen, Mei 29th, 2017

Narkoba Jenis Baru Flakka Berefek Pengguna Menjadi Zombie

00163802

Jalaon.com – Belakangan publik sedang digegerkan atas beredarnya narkoba jenis baru yang biasa disebut Flakka. Pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) juga telah memberi peringatan mengingat obat terlarang ini kabarnya memiliki efek yang lebih mengerikan dibanding morfin atau heroin.

“Ada kandungan zat aktif yang mengancam dan harus diwaspadai adalah fentanyl derifat, yang memiliki potensi 10.000 kali lebih kuat dari pada morfin atau 100 kali lebih kuat dari pada heroin,” ujar Kepala Bagian Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kombes Sulistiandriatmoko dilansir dari Wartakota.

Sulistiandriatmoko menjelaskan jika Flakka telah diuji sejak 15-16 Mei lalu dan dimasukkan pada Golongan I Lampiran UU Narkotika (UU 35/2009) oleh Kemenkes RI. Meski begitu di Indonesia sendiri, BNN mengaku belum pernah mengungkap kasus tersebut.

“Data di BNN belum pernah mengungkap kasus tersebut, juga belum pernah ada yang mendatangi lembaga rehabilitasi karena kecanduan Flakka,” imbuhnya.

Flakka sendiri kabarnya telah banyak beredar di Amerika Serikat dan Eropa sejak beberapa tahun lalu. berdasarkan informasi yang ada, jenis narkoba ini memiliki efek yang sangat menakutkan yaitu seperti zombie.

Obat terlarang ini disebut akan menghasilkan gejala ekstrim yang biasa disebut excited delirium bila masuk ke dalam tubuh. Pengguna akan mengalami lonjakan adrenalin yang meningkatkan suhu tubuh dan membuat mereka merasakan memiliki kekuatan super dan kemarahan seperti Hulk, sehingga bisa memicu perilaku kekerasan.

Belakangan di media sosial beredar video mengerikan orang-orang yang diduga dalam pengaruh Flakka. Mereka bertingkah seperti zombie hingga melukai diri sendiri atau orang-orang yang ada di sekitarnya.