Nukman Luthfie Pakar Media Sosial Tanah Air Meninggal Dunia

Foto: Twitter

Jalaon.com – Nukman Luthfie Pakar media sosial tanah air meninggal dunia di Yogyakarta, Sabtu (12/1).

Sebelum tutup usia, Nukman sempat dirawat di rumah sakit Bethesda Yogyakarta karena penyakit stroke yang dideritanya.

Ini merupakan kali kedua Nukman mengalami stroke dan dirawat selama satu minggu. Beberapa tahun lalu, Nukman juga pernah terserang stroke.

Di linimasa Twitter, tagar #RIPNukman menghiasi trending topic Twitter Indonesia. Akun Instagram dan Twitter @nukman pun dibanjiri ucapan belasungkawa, mengenang kepergiannya.

Nukman Luthfie, lahir di Semarang, 24 September 1964. Selain aktif berkecimpung di dunia medsos, dia juga dikenal sebagai pengusaha, konsultan dan pembicara di bidang internet marketing.

Sebelumnya, pria yang dikenal murah senyum ini adalah seorang jurnalis di Bisnis Indonesia dan Majalah Prospek. Ia mulai berkiprah di bidang internet sejak menjadi salah satu co-founder PT Agranet Multicitra Siberkom (AGRAKOM) dan menjabat sebagai Internet Services Director yang melahirkan situs berita online pertama di Indonesia, detik.com.

Pada 2003, ia mendirikan Virtual Consulting yang akhirnya berjaya hanya dalam waktu tiga tahun. Kiprahnya di dunia digital dan medsos membuatnya banyak dimintai pendapat mengenai fenomena internet dan medsos.

Nukman adalah salah satu sosok yang dikenal luas di dunia digital termasuk media sosial. Banyak pandangan Nukman soal perilaku bermedia sosial menjadi rujukan, termasuk yang terakhir menyangkut etika selfie di kawasan terdampak bencana pada akhir Desember 2018. Dia juga cukup serius menyikapi fenomena hoaks dan upaya meminimalisasinya.