Published On: Kam, Jul 6th, 2017

Pasang Perekam di Pesawat Juno, NASA Mendengar Suara Alien di Jupiter

Jalaon.comNASA telah menerbangkan pesawat luar angkasa Juno untuk mengorbit planet Jupiter selama satu tahun, Juno yang telah dilengkapi dengan perangkat perekam suara beresolusi tinggi ini dikabarkan telah mendapati suara yang aneh disekitar planet Jupiter.

Para Ilmuwan Nasa mengklaim bahwa suara tersebut adalah suara Alien yang sedang berbicara. Durasi rekaman suara aneh tersebut sebelumnya sampai 13 jam, namun karena spektrumnya terlalu tinggi, NASA telah mengkonversinya hingga menjadi durasi sekitar satu menit.

“Suara tersebut seolah-olah suara ‘makhluk’ Jupiter yang mencoba berkomunikasi dengan kita. Padahal, suara ini merupakan emisi paling kuat yang diciptakan dari kutub Jupiter. Kini, kita akan mencoba menelusuri asal muasal partikel elektron tersebut,” kata Bill Kurth, co-investigator Waves Instrument untuk planet Jupiter dari University of Iowa seperti yang dimuat dari Mirror, Kamis (6/7/2017).

Selain itu, para ilmuwan NASA juga mengatakan bahwa suara tersebut muncul akibat terjadinya sebuah fenomena alam seperti badai besar yang berada di sekitar planet raksasa tersebut. Hal ini diungkapkan oleh salah satu Astronom NASA, William Dunn.

“Ada sebuah gesekan konstan yang terjadi antara angin matahari dan magnetosfer di Jupiter,” katanya.

William Dunn menjelaskan bahwa saat ini para ilmuwan NASA sedang fokus melakukan pemahaman terkait interaksi yang terjadi di sekitar planet Jupiter untuk mengetahui dampak dari fenomena alam tersebut.

“Kami tak yakin cahaya berasal dari badai yang terjadi pada kedua kutub. Akan tetapi, kami ingin memahami interaksi tersebut dan efek apa yang akan berdampak pada planet itu,” jelas William.