Published On: Sab, Agu 20th, 2016

Patung Tanpa Busana Donald Trump Tersebar di 5 Kota AS

Pengusaha besar asal Amerika Serikat yang mencalonkan sebagai presiden Amerika Serikat dari partai Republik, Donald Trump, kini semakin menuai kontrovesi. Kabarnya poling dukungan untuk dirinya saat telah mengalami penurunan suara.

Kampanye yang kini harus gencar dilakukan dua kandidat justru tidak menguntungkan Donald Trump karena ia telah terjebak retorikanya sendiri.

Menurut Paw Center, untuk poling terbarunya dalam enam minggu terakhir ini pergerakan suara menunjukkan situasi dramatis namun, konsisten. Yaitu, memberikan keuntungan kepada Hillary Clinton.

Banyak pihak yang tidak suka terhadap Trump, tindakan “Ketidaksukaan” itu tak hanya ditunjukkan lewat poling, tapi baru-baru ini ada sekelompok orang yang mempermalukan pengusaha tajir itu dengan membuat dan menyebar patung Trump dengan tubuh tanpa busana.

Mereka menempatkan 5 patung telanjang Donald Trump di tiap pojok di berbagai kota di AS, antara lain, San Francisco, Los Angeles, Cleveland, Seattle, dan New York City.

Dilansir dari The Verge, Jumat (19/8/2016), Washington Post melaporkan, adalah kelompok INDECLINE yang bertanggung jawab terhadap patung-patung itu. Mereka menyebut proyek itu adalah ‘The Emperor Has No Balls’.

Tercetusnya nama patung itu terinspirasi dari cerita anak yang populer, ‘The Emperor’s New Clothes’, (Baju Baru Sang Kaisar). Kisah ciptaan Hans Christian Andersen itu bercerita tentang pemimpin narsis yang dibohongi pencuri membuat baju indah dari emas transparan. Demikian juga Trump, yang diidentifikasikan sebagai pemimpin narsis yang tidak tau malu.

“Suka atau tidak, Trump itu lebih dari sekedar figur hidup dalam dunia sekarang ini,” kata INDECLINE kepada Washington Post.

Ternyata, mempermalukan Trump dengan membuat patung tersebut bukan pertama kalinya. Protes terhadap komentar suami Melania atas imigran Meksiko dan memanggil mereka pemerkosa, INDECLINE membuat karikatur Trump dengan bola di mulutnya di perbatasan Tijuana. Dan dibawahnya ada tulisan, ‘perkosa Trump!’

INDECLINE membayar artis dari Los Angeles, Ginger, yang memiliki spesialisasi rumah berhantu dan film horor untuk membuat patung Trump tersebut.