Published On: Jum, Apr 7th, 2017

Pedagang Daging Keluhkan Rencana Pemerintah untuk Tetapkan HET

d

Jalaon.com – Para pedagang daging sapi merasa cemas apabila rencana pemerintah untuk membatasi harga ecer tertinggi ‎(HET) untuk daging sapi Rp. 80 ribu per kg ditetapkan. Pasalnya untuk saat ini saja para pedagang daging hanya mengambil sedikit keuntungan yang diperoleh dari harga pemotong.

Saat ini harga daging dipasaran masih di angka Rp 100 – 120 ribu per kg nya. Kata salah satu pedagang daging mengungkapkan bahwa jika harga daging sudah mengalami kenaikan, maka susah untuk turun.

“Kalau daging ini, kalau sudah naik susah turunnya. Kalau pun turun paling waktu-waktu tertentu saja, kaya Idul Adha. Itu karena orang pada kurban, dagingnya banyak,” ujar Muchtar (45) di pasar minggu, Jumat (7/4/2017).

Menurut Muchtar, sebaiknya pemerintah langsung mengintervensi kepada pemotong, karena para pedagang mendapatkan harga dari pemotong sudah cukip tinggi, jadi pedagang hanya bisa mengambil untung cukup sedikit.

“Dari sananya (pemotong) saja sudah Rp 90 ribu-Rp 100 ribu-an, tergantung dagingnya. Belum ongkos kirimnya. Kami cuma ambil untung sedikit. Nggak sampai Rp 10 ribu per kg,” ucap Muchtar.