Published On: Sen, Jun 5th, 2017

Pemerintah Ubah Kebijakan Pemberian Subsidi Elpiji 3Kg

IMG_20170605_153559

Jalaon.com – Pemerintah telah mengubah kebijakan baru terkait pemberian subsidi tabung gas elpiji 3kg kepada masyarakat kurang mampu. Jika sebelumnya subsidi tersebut dilimpahkan melalui harga yang murah, saat ini subsidi tersebut akan diberikan secara langsung oleh pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) kepada rakyat miskin.

Hal ini bertujuan agar subsidi elpiji lebih tepat sasaran kepada yang ditujukan oleh pemerintah. “Ini subsidi langsung pada keluarga yang membutuhkan, bukan subsidi kepada barangnya,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (5/6/2017).

Ignasius Jonan telah melimpahkan pelaksanaan subsidi ini kepada Kemensos dengan tujuan agar tugas tidak terpisah dengan pelaksanaan pemberian subsidi dari sektor yang lainnya.

‎”Memang ada pembicaraan dengan Kepala Bappenas kalau bisa yang menerapkan Kementerian ESDM, tapi saya tidak sepakat, biar saja itu di Kementerian Sosial, jadi satulah di situ, jangan dipisah,” terangnya.

Masyarakat miskin yang berhak menerima subsidi elpiji ini akan mendapatkan tiga tabung gas elpiji untuk rumah tangga dan 9 tabung gas untuk keperluan usaha dalam setiap bulannya dan diberikan secara bertahap.

Dalam pemberian subsidi ini pemerintah akan memanfaatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang dimiliki rakyat miskin dari Kemensos, jadi warga yang ingin mendapatkan subsidi elpiji harus menunjukkan kartu tersebut.

“Nanti akan ada subsidi langsung yang bekerjasama dengan Kementerian Sosial. Kartunya dari kartu kementerian sosial kan, kartu yang merah putih itu,” jelasnya.