Penelitian : Anak yang Gemar Sepak Bola Memiliki Kondisi Tulang yang Lebih Kuat

Jalaon.comSepak bola merupakan salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat mulai dari anak – anak hingga orang dewasa. Sementara itu jika anak – anak rutin bermain sepak bola, ia akan memiliki tulang yang lebih kuat dan dapat terhindar dari resiko osteoporosis ketika dewasa dibandingkan dengan anak yang bersepeda atau berenang.

Mengutip laman Boldsky pada Jumat, 14 Juli 2017, seorang peneliti dariĀ Universitas Exeter, Inggris, Dimitris Vlachopoulos mengatakan bahwa anak – anak yang dibiarkan bermain sepak bola minimal tiga jam dalam satu minggu, maka ia akan memiliki tulang yang lebih kuat.

“Bermain sepak bola selama tiga jam seminggu mungkin cukup untuk efek yang substansial,” kata Dimitris.

Namun, para rekan penelitinya mengaku belum melakukan penelitian lebih lanjut, pasalnya mereka masih fokus untuk meneliti hal tersebut kepada calon pesepak bola masa depan yang dibiarkan bermain sepak bola hingga sembilan jam dalam waktu satu minggu.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti telah melibatkan 116 anak laki – laki yang berusia 12 – 14 tahun dengan memeriksa kondisi dua bagian yang rentan terkena osteoporosis, yaitu bagian tulang punggung belakang dan tulang kaki bagian atas.

Peneliti telah memeriksa kandungan mineral dalam tulang atauĀ bone mineral content/BMC. Dan hasilnya mengatakan kandungan mineral tulang anak – anak tersebut tujuh persen lebih tinggi dibandingkan dengan pesepeda atau perenang.

Dimitris juga menjelaskan bahwa tidak hanya olahraga sepak bola saja yang bisa membuat kondisi tulang dan kandungan mineralnya lebih bagus, namun ada beberapa jenis olahraga lain yang dinilai cukup baik untuk kesehatan tulang, diantaranya yaitu bulu tangkis, basket, voly atau tenis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here