Perangi Konten Hoax, Facebook Melakukan Ini

Jalaon.com – Facebook hingga saat ini masih terus melakukan upaya untuk perbaikan baik dari segi penggunaan, fitur maupun menangkal berita hoax yang akhir – akhir ini seringkali terjadi.

Mengutip dari laman Ubergizmo, Selasa (4/7/2017), Facebook telah melakukan sebuah riset yang mengatakan bahwa mayoritas pengguna yang terlalu sering mengunggah konten atau link, seringkali yang diunggah adalah konten yang tidak berkualitas, hal ini di deteksi dari seringnya pengguna mengunggah konten setiap harinya.

Sementara itu, Vice President Facebook Adam Mosseri yang menjadi pemimpin News Feed Facebook mengatakan bahwa pengguna yang mengunggah lebih dari 50 konten dalam setiap harinya dinilai yang diunggah adalah konten yang kurang baik.

Dalam riset tersebut, facebook banyak menemukan pengguna membagikan sebuah link blog ataupun video yang membuat orang lain tertarik untuk meng klik atau yang disebut dengan konten clickbait.

Konten – konten clickbait tersebut dinilai adalah informasi yang menyesatkan dan tidak berkualitas, maka dari itu facebook melakukan upaya untuk menangkal konten buruk dan hoax dengan membuat penyesuaian algoritma dengan kriteria konten yang berkualitas buruk tersebut.

Pengguna yang terlalu sering mengunggah konten clickbait akan diminimalisir oleh pihak facebook untuk tayang di beranda atau news feed facebook, hal ini juga dimaksudkan untuk mengurangi pengguna lain yang melihat atau meng klik konten yang diduga berkualitas buruk atau hoax.

Facebook sangat berharap dengan upaya yang dilakukan ini dapat memberikan dampak yang baik bagi pengguna facebook yaitu berkurangnya konten yang tidak berkualitas berkeliaran di beranda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here