Perhatikan, Bahaya Minum Air Dingin Setelah Makan

Kalau kita perhatikan ketika kita makan di tempat makan, kebanyakan untuk minuman orang akan memesan minuman dingin atau es. Memanglah kita akui setelah makan jika minum es rasanya lega dan menyegarkan, dan minum air dingin setelah makan lebih cepat memiliki efek megenyangkan dari pada minum air hangat.

Namun sadarkah anda jika meminum minuman yang dingin setelah makan akan berdampak buruk bagi kesehatan anda? berikut ini adalah beberapa bahaya jika meminum es setelah makan.

 

Menggagalkan Penyerapan Nutrisi

Bahaya minum air dingin setelah makan yang sering terjadi adalaah karena nutrisi yang telah masuk didalam tubuh tidak mampu terserap dengan baik dan proses penyebaran nutisi kedalam darahpun menjadi terhambat karena tercampur dengan minuman dingin.

 

Iritasi Tenggorokan

Bahaya minum air dingin setelah makan yang paling sering menyerang anak anak adalah iritasi dan peradangan tenggorokan yang menyebabkan rasa sakit ketika menelan ludah atau makanan. Iritasi tenggorokan dapat berubah menjadi penyakit batuk

 

Penyumbatan Usus

Jika terlalu sering minum air dingin setelah makan dapat meyebabkan proses penghancuran dan penyerapan makanan didalam usus terganggu. Bahaya minum air dingin setelah makan lebih sering disebabkan karena adanya suhu dingin air yang menjadikan struktur makanan menjadi beku, Kondisi inilah yang menyebabkan pengendapan lemak pada saluran usuus sehingga terjadi penyumbatan dan tidak lancarnya proses pencernaan makanan.

 

Pembesaran Amandel

Ini bahayanya jika anak – anak terbiasa meminum minuman dingin setelah makan. Pembesaran amandel dapat mengganggu sistem pernafasan dan mudah terjadi iritasi ketika seseorang sering minum air dingin yang di imbangi dengan makanan yang mengandung lemak jenuh

 

Gangguan Ritme Jantung

Bahaya minum air dingin setelah makan dapat menghambat aliran darah menuju jantung, Akibatnya sel saraf disekitar jantung yang disinggahi air dingin dalam jumlah yang berlebihan dapat mengganggu ritme jantung. Denyut jantung tidak beraturan dan menyebabkan sesak nafas serta nyeri dada.

 

Menggagalkan Proses Penghancuran Lemak

Bagi yang sedang menjalani program diet seimbang, maka sangat disarankan untuk menghindari minum air dingin setelah makan selama diet anda sedang berlangsung, tujuannya adalah agar terhindar dari penumpukan lemak disekitar perut dan lengan serta paha.

 

Semakin Sering Merasa Dahaga

Jika seseorang terbiasa meminum minuman dingin setelah makan, maka ia akan menjadi sering merasa haus. Minum air dingin setelah makan dalam jumlah banyak mampu mengacaukan stabilitas keseimbangan tubuh sehingga seseorang akan merasa haus kembali setelah beberapa saat minum segelas air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here