Published On: Sen, Agu 7th, 2017

Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II akan Diumumkan Hari Ini

Jalaon.com – informasi mengenai pertumbuhan ekonomi pada kuartal II tahun 2017 akan mulai diumumkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada hari ini, Senin 07 Agustus 2017.

Pakar ekonom memprediksikan ekonomi RI memgalami peningkatan yang tidak terlalu signifikan dan tidak jauh berbeda dengan pertumbuhan pada kuartal pertama tahun 2017.

Sementara itu, Ekonom dari Ekonomi Action Indonesia (Econact) Ronny P Sasmita memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II tahun 2017 ini hanya meningkat sekitar 5,0-5,07 persen. Ia menilai peningkatan tersebut dipengaruhi oleh meningkatnya konsumsi masyarakat saat bulan Ramadhan dan lebaran kemarin.

“Sementara itu, peningkatan konsumsi rumah tangga meskipun terbatas, masih dipengaruhi oleh faktor musiman Idul Fitri serta liburan sekolah pada akhir kuartal II,” kata Rony, Senin 07 Agustus 2017.

Selain itu PT Bank Permata Tbk Josua Pardede mengatakan pada kuartal II ini pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan sebesar 5,07 persen dari kuartal II pada tahun 2016 lalu. Ia menilai peningkatan tersebut dipengaruhi oleh faktor konsumsi rumah tangga dan juga investasi pemerintah.

Selain meningkatnya konsumsi rumah tangga, Joshua juga menjelaskan bahwa peningkatan tersebut dipengaruhi oleh indikasi kepercayaan konsumen cukup meningkat pada kuartal II tahun 2017 jika dibandingkan dengan sebelumnya.