Published On: Sen, Jun 19th, 2017

Pesawat Garuda Batal Landing, Ini Penjelasan AirNav

Jalaon.com – Pesawat Garuda Indonesia dengan maskapai GA 425 telah dikabarkan gagal mendarat (go around) beberapa saat ke landasan pada Minggu, 18 Juni 2017. Berita ini dibenarkan oleh Sekretaris Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia.

“Benar ada go around pada jam 15.16 UTC atau jam 22.16 WIB,” ujar Didiet K S Radityo, Senin (19/6/2017).

Pesawat GA 425 yang waktu itu telah dijadwalkan untuk mendarat di pacu 25R Bandara Soekarno-Hatta harus melakukan go around untuk alasan keselamatan penumpang, dikarenakan di landasan masih ada pesawat Sriwijaya dengan no SJ 580 yang gagal lepas landas karena alasan teknis.

Setelah melakukan Rolling, pilot SJ 580 kemudian menginstruksikan untuk berhenti dan tidak melanjutkan lepas landas dikarenakan armada mengalami gangguan teknis. Sementara disaat yang sama pesawat GA 425 sudah siap untuk mendarat, kemudiann pilot Garuda menerima instruksi untuk segera melakukan Go Arround demi keselamatan.

“Mendapat informasi kondisi Sriwijaya yang mengalami gangguan teknikal, controller kemudian memberikan go around kepada GA425 dengan alasan keselamatan,” kata Didiet.

Tentu batalnya mendarat pesawat Garuda membuat penumpang merasa tidak nyaman, tapi pihak AirNav mengatakan bahwa itulah yang terbaik yang bisa dilakukan demi keselamatan bersama.

“Memang dengan go around kenyamanan penumpang akan terganggu, tetapi demi keselamatan hal ini harus dilakukan,” jelas Didiet.