Pimpinan KPK Tolak Bertemu dengan Amien Rais

IMG_20170603_080651

Jalaon.com – Setelah disebut oleh jaksa terlibat dalam penerimaan aliran dana proyek alat kesehatan (alkes) di Kementerian Kesehatan senilai Rp 600 juta, Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais ingin segera menemui pimpinan KPK.

Namun sayangnya, keinginan Amien Rais untuk bertemu pimpinan KPK tidak akan terpenuhi. Pihak KPK mengaku ingin tetap menjaga independensi antara KPK dan terduga.

“Tentu pimpinan KPK punya kewajiban menjaga dan meminimalisasi pertemuan dengan pihak terkait yang berperkara,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat 2 Juni 2017.

Amien Rais ingin menemui pimpinan KPK pada tanggal 5 Juni 2017 mendatang, akan tetapi Febri menegaskan kembali bahwa pimpinan KPK tidak akan menemui pihak yang masih bersangkutan langsung dengan yang di dakwa oleh Jaksa KPK.

“Tidak dapat menemui kalau masih terkait secara langsung perkara yang ditangani KPK. Terdakwa baru tuntutan, belum pleidoi dan vonis,” jelas Febri.

Dalam sidang kasus korupsi pengadaan alat kesehatan oleh Kemenkes, Amien Rais disebut menerima transfer dana dari Sekretaris Yayasan Soetrisno Bachir Foundation (SBF) atas perintah pimpinan SBF.

Sementara dana yang ditransfer oleh SBF kepada pengurus PAN tersebut diperoleh dari PT Mitra Medidua yang merupakan suplier dari PT Indofarma yang ditunjuk langsung oleh Siti Fadilah selaku Menteri Kesehatan pada saat itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here