Pokemon Go Mulai Sepi Pemain. Kenapa?

pokemon go
Pokemon Go kehilangan banyak pemain. Kenapa?

Jalaon.com – Popularitas game berbasis Augmented Reality, Pokemon Go, sudah mulai turun di Amerika Serikat. Padahal sempat menghebohkan publik Paman Sam hingga sukses meraih gelar aplikasi game mobile paling banyak di-download sepanjang sejarah, dilansir dari laman Gizbot, Rabu (24/08/2016).

Ketika masih berada di puncak popularitas, Pokemon Go sempat dimainkan sekitar 40 juta pemain aktif setiap hari. Pada beberapa minggu sebelumnya, permainan menangkap monster itu sukses mencatat beberapa rekor baru kurang dari sebulan usai peluncuran perdana, akhirnya menjadi game mobile paling banyak diunduh sepanjang sejarah modern.

Cerita manis Pokemon Go sempat meresahkan sejumlah raksasa dunia maya seperti Facebook, Instagram, Snapchat dan Twitter. Pengguna perangkat mobile dua kali lebih banyak habiskan waktu untuk mengoleksi beragam jenis monster ketimbang berinteraksi via sosial media (sosmed). Bahkan terdengar rumor sejumlah pesaing siap merilis game berkonsep serupa.

Kini kejayaan Pokemon Go mulai menurun drastis. Hal ini terlihat dari kehilangan jumlah pengguna aktif harian. Sebuah laporan data baru Bloomberg hasil analisis dari Sensor Tower, Apptopia, dan Survey Monkey mengklaim bahwa game Augmented Reality perlahan-lahan mulai mengalami penurunan jumlah download, pengguna aktif dan lamanya waktu bermain.

Penyebab adanya sejumlah penurunan tidak diketahui pasti oleh Niantic selaku pihak developer. Hingga saat ini aplikasi buatan mereka masih menguasai beberapa negara dunia dan angka yang berhasil dicetak tergolong luar biasa untuk sebuah produk baru. Namun popularitas game menangkap monster di Amerika Serikat mulai “ditinggalkan”.

Walaupun masih nangkring manis sebagai aplikasi game mobile terlaris, namun sudah tidak menghiasi kategori 10 aplikasi gratis download. Hal ini kemungkinan besar disebabkan hampir semua orang di Amerika Serikat sudah mengunduhnya. Hal itu dinilai wajar oleh sejumlah pihak, namun cukup mengkhawatirkan.

Fenomena Pokemon Go di Amerika Serikat sudah tidak lagi seramai bulan Juli dan awal Agustus. Meskipun begitu masyarakat di sejumlah negara masih heboh memainkannya, bahkan terus menjadi perbincangan hangat. Saat ini aplikasi game berburu monster masih menduduki posisi teratas di Singapura dan negara-negara lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here