Published On: Sen, Mei 8th, 2017

Pri Asal Bantul Ini Raup Omzet Puluhan Juta Rupiah Dengan Bisnis Bonggol Pisang

d

Jalaon.com – Makanan ringan seperti keripik pisang, pisang bakar, pisang goreng, atau kerupuk pisang pada umunya akan dibuat dari bahan dasar buah pisang, namun berbeda dengan pria bernama Bibit Supriyanto asal Bantul, Yogyakarta ini yang memproduksi keripik dari kulit dan bonggol pisang.

Dua bahan dasar ini memang tak lazim untuk diolah dan dijadikan sebuah makanan ringan, akan tetapi justru dua bonggol dan kulit pisang memiliki rasa yang lezat untuk diolah menjadi keripik, selain itu juga mengandung gizi yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Dengan menjalankan bisnis keripik bonggol dan kulit pisang ini, Bibit mampu memproduksi sekitar 20 kg kulit pisang dan bonggol pisang dan mampu memperoleh omzet antara Rp 30 juta hingga Rp 50 juta perbulannya.

Awal mula Bibit merintis bisnis keripik pisang ini karena terinspirasi dari nenek sang istri yang kala itu sedang hidup susah dan seringkali mengukus bonggol pisang untuk dijadikan makanan sehari – hari.

Setelah itu ia mencoba untuk mengolah bonggol dan kulit pisang menjadi makanan yang lebih modern, akhirnya ia terfikir untuk menjadikan makanan ringan, yaitu keripik kulit pisang.

“Awalnya saya terinspirasi dengan nenek istri saya, jaman susah dulu bonggol pisang suka dikukus dibuat jadi makanan. Akhirnya saya mikir gimana bonggol pisang bisa jadi makanan yang modern dan tidak seperti dulu. Coba masak lalu tester ke tetangga, efeknya tidak ada apa-apa. Saya cari tahu manfaat bonggol pisang ternyata punya kandungan vitamin c yang tinggi, kaya serat dan bisa untuk kecantikan kulit,” kata Bibit , Senin (8/5/2017).

Keripik kulit dan bonggol pisang milik Bibit Supriyanto ini bernama Al Barik, hingga kini Bibit bersama istrinya masih rutin mengikuti pameran yang diselenggarakan oleh Disperindagkop Kabupaten Bantul, Dinas Pertanian dan Dinas Pariwisata untuk memperkenalkan inovasi makanan ringan berbahan dasar bonggol dan kulit pisang buatannya tersebut.

Bibit pun membagikan tips kesuksesannya dalam berbisnis, ia berpesan bahwa berdoa tidak boleh dilupakan ketika mengawali sebuah usaha, juga tidak lupa mengucapkan puji syukur kepada Allah Swt dan selalu berbagi kepada sesama.

“Selalu awali kegiatan dengan berdoa dan akhiri setiap kegiatan dengan bersyukur. Ramahlah dengan semua konsumen dan pengunjung, jangan lupa untuk berbagi kepada yang membutuhkan” pungkas Bibit.