Published On: Rab, Mei 31st, 2017

PT KAI Lakukan Peremajaan Gerbong Kereta yang Berumur Tua

IMG_20170531_153648

Jalaon.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan segera melakukan pembaruan ratusan gerbong kereta yang sudah berumur puluhan tahun. Pembaruan ini akan dilakukan secara bertahap dalam waktu tiga tahun kedepan.

Untuk mengganti 880 gerbong kereta yang sudah tua, PT KAI akan memesan gerbong kereta yang baru kepada PT INKA. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro.

“Kita rencananya mengganti semua, 880 gerbong kereta sebagai upaya meremajakan armada. Kita akan beli (kereta) baru dari INKA,” kata Edi Sukmoro di Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Edi Sukmoro menjelaskan bahwa penggantian gerbong kereta tersebut bukan karena gerbong sudah tidak layak pakai dan diragukan keamanannya, melainkam hanya ingin melakukan peremajaan dengan gerbong yang baru.

“Kita ingin perbaharui karena 880 gerbong kereta itu usianya sudah 30 tahun ke atas, walaupun masih aman ya. Kereta kan yang terpenting keamanannya, cuma karena usianya sudah 30 tahun, sudah selayaknya diremajakan,” terang Edi.

Edi juga menyebutkan bahwa sudah ada beberapa gerbong kereta yang sudah dikirimkan dari PT INKA sejak beberapa bulan yang lalu, hanya saja Edi tidak menjelaskan berapakah biaya yang dihabiskan untuk memperbarui ratusan gerbong kereta tersebut.

“Sudah ada 11 rangkaian kereta baru yang sudah masuk sebelum Januari 2017. Itu ada yang K1 New Image, eskekutif, K3, dan lainnya,” jelasnya.

Karena mengetahui kebutuhan dan minat masyarakat terhadap perjalanan menggunakan kereta api, maka PT KAI ingin memberikan pelayanan dan fasilitas yang terbaik untuk penumpang.

“Sekarang kan masyarakat senang naik kereta, jadi kita ingin kasih yang terbaik. Kereta buatan INKA ini dilengkapi dengan AC, ada TV, kondisinya tentu masih mulus dan bagus. Satu gerbong biasanya 100 seat, ini cuma 80 seat,” paparnya.