Published On: Sen, Agu 7th, 2017

Punya Botol Kaca Bekas? Jangan Dibuang, Buatlah Lampu Hias

Jalaon.com – Sebenarnya banyak barang – barang bekas dirumah yang sepertinya tidak berharga ternyata bisa menjadi sebuah kesenian atau kerajinan tangan yang unik dan bagus apabila berada di tangan yang penuh dengan kreatifitas.

Salah satunya yaitu hiasan lampu yang terbuat dari botol kaca bekas, jika anda mau mengkreasikannya botol tersebut akan bisa berubah menjadi sebuah lampu hias unik dan menarik yang bisa menghiasi kamar atau ruangan di rumah anda.

Cara membuatnya pun cukup mudah, apabila anda ingin mencoba berkreasi, berikut ini langkah – langkah membuat lampu hias dari botol kaca bekas.

Pertama – tama anda siapkan botol kaca bekas dengan warna kaca yang sesuai dengan keinginan anda, tapi akan lebih tampak menarik apabila menggunakan botol kaca bening dan transparan.

Selanjutnya, anda perlu memotong bagian bawah botol kaca agar bisa dimasukkan satu buah bohlam atau lampu didalamnya. Cara memotongnya yaitu buatlah tanda melingkar dengan spidol di bagian yang ingin dipotong, kemudian siapkan tali tebal yang panjangnya kiranya bisa untuk membuat simpul melingkar di botol.

Setelah itu, celupkan tali kedalam cairan aseton, spirtus atau cairan lain yang mudah terbakar, kemudian ikatlah tali ke botol secara melingkar sesuai dengan tanda yang sudah anda buat tadi, lalu nyalakan korek api dan bakarlah tali tersebut.

Setelah ikatan tali terbakar, tunggulah hingga beberapa saat hingga botol cukup memanas, kemudian celupkan botol tersebut kedalam air dingin (letakkan air didalam ember) dan pastikan seluruh bagian botol terendam air. Setelah itu, tidak lama kemudian botol kaca akan langsung terpotong.

Langkah selanjutnya tinggal anda haluskan potongan botol tersebut menggunakan kertas gosok hingga halus dan tidak ada sisi yang tajam sehingga tidak mudah melukai tangan.

Jika ingin membuat pola warna yang lain, anda bisa mewarnai bagian luar botol dengan cat semprot yang tidak mengkilap, langkah ini juga dapat membuat tampilan lampu hias lebih menarik.

Langkah terakhir, siapkan lampu yang sudah disambungkan dengan kabel dan fitting, kemudian masukkan lampu tersebut dari bawah, dan selamat anda berhasil membuat lampu hias dari botol kaca bekas.