Published On: Kam, Jun 22nd, 2017

Punya Kebiasaan Mendengkur? Jangan Berkendara Jarak Jauh, Bahaya!

Jalaon.com – Kebiasaan mendengkur saat tidur tentu sudah banyak diketahui bahwa hal ini memang berbahaya, pasalnya nafas bisa saja terhenti seketika dikarenakan ada penyumbatan udara antara hidung dan mulut.

Ternyata tak hanya itu, orang yang memiliki penyakit mendengkur atau ngorok ini sangat berbahaya apabila diijinkan untuk mengemudi dalam jarak jauh karena dikhawatirkan resiko kecelakaan akan lebih besar.

Seorang dokter spesialis tidur dr Andreas Prasadja RPSGT mengatakan bahwa seharusnya orang yang memiliki kebiasaan mendengkur tidak diperbolehkan untuk mengemudi.

“Dokter harus menahan SIM orang tersebut. Kalau dokter tidak menahannya, dokter sama saja malapraktik,” katanya, Kamis (22/6/2017).

Andreas menjelaskan bahwa orang yang setiap kali tidur mendengkur, maka ia tidak bisa memiliki kualitas tidur yang baik dikarenakan sesekali selalu menghentikan nafas dan terbangun dari tidurnya.

Maka dari itu, orang yang memiliki kualitas tidur yang tidak baik, maka kesehariaannya akan lebih mudah mengantuk, bisa dipastikan akan lebih berbahaya ketika mengemudi dalam keadaan mengantuk.

“Mengapa orang yang suka ngorok jangan dikasih buat menyetir karena berbahaya? Sebab, di antara yang mengorok itu, napasnya berhenti-berhenti sehingga otaknya bangun-bangun terus tanpa sadar hingga membuat kualitas tidurnya jelek” ucapnya.

“Harus diingat, bahwa berkendara dalam keadaan mengantuk lebih berbahaya daripada mabuk. Oleh karena itu, orang yang mendengkur atau mengorok, jangan dikasih buat menyetir pas mudik, bahaya,” jelas Andreas.