RI Masuk Anggota FATF, Sri Mulyani : Ini Berita Bagus

Jalaon.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengabarkan berita gembira terkait masuknya negara Indonesia menjadi salah satu anggota Financial Action Task Force (FATF).

FATF merupakan sebuah forum atau badan yang berperan untuk memberantas aksi pencucian uang dan pendanaan terorisme ataupun hal lain yang dapat berpotensi mengancam keuangan internasional.

Sri Mulyani merasa bangga dan gembira karena RI bisa terpilih menjadi salah satu anggota FATF, pasalnya ia menilai bahwa tidaklah mudah dan sembarangan suatu negara bisa menjadi anggota FATF.

“Untuk FATF ini berita bagus yang mau saya sampaikan. Pertemuan FATF Indonesia didukung oleh negara-negara anggota FATF untuk menjadi member FATF. Ini adalah suatu berita luar biasa penting dan baik,” kata Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Senin (3/7/2017).

Selain itu, Sri Mulyani menjelaskan bahwa untuk bisa memiliki keanggotaan pada forum tersebut diperlukan suatu proses yang cukup panjang untuk benar – benar berkomitmen dalam melakukan pemerangan terhadap aksi pencucian uang dan harus didukung oleh negara – negara yang juga tergabung dalam anggota FATF.

“Dalam mekanisme FATF, untuk menjadi membership itu sifatnya tidak begitu saja, kalau dalam bahasa Jawa ujug-ujug. Tapi harus melalui satu proses, dan dia harus didukung oleh semua membership. Dalam pertemuan terakhir awal Juli kemarin diputuskan Indonesia akan memulai untuk prosesmembership. Tiga negara yang menyampaikan awal untuk mendukung adalah China, Jerman dan Australia, dan kemudian hampir didukung semua member dari FATF,” paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here