Rudiantara Ancam Tutup Akses Medsos di Indonesia Jika Tidak Taati Pemerintah

Jalaon.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara merasa resah dengan keadaan media sosial saat ini yang semakin lama semakin parah, salah satunya yaitu menebarkan informasi yang menyesatkan dan meresahkan.

Terkait hal ini, Rudiantara meminta kepada penyelenggara media sosial dan Over-The-Top (OTT) untuk mentaati peraturan yang diberlakukan oleh pemerintah.

Pemerintah sebelumnya telah meminta kepada pihak yang berkaitan dengan media sosial dan OTT untuk menangani penyalahgunaan media sosial atau jika diperlukan untuk memblokir akun – akun yang dianggap bermasalah. Namun, jika perintah itu tidak dapat dipenuhi, pemerintah dengan terpaksa akan menutup akses media sosial Facebook dan yang lainnya di Indonesia.

“Kemkominfo bisa menutup akun, bahkan sangat dimungkinkan Facebook juga bisa ditutup, jika memang nanti diperlukan,” kata Rudiantara dalam acara Diskusi Publik dan Konferensi Pers Fatwa Majelis Ulama Indonesia “Hukum dan Pedoman Bermuamalah Melalui Media Sosial” di kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (5/6/2016).

Rudiantara mengaku bahwa bukan penutupan akses media sosial lah yang menjadi tujuan utamanya, melainkan mencegah penyalahgunaan sosial media seperti yang terjadi akhir – akhir ini.

“Kalau memang nanti diperlukan (penutupan), ya terpaksa. Tapi itu bukan tujuan kami karena kalau ditutup, kita jadi tidak bisa merasakan manfaat media sosial,” jelas Rudiantara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here