Sebelum Menutup Kartu Kredit, Perhatikan 4 Hal Ini

Dengan adanya layanan kartu kredit dari berbagai bank sangat membantu masyrakat untuk mempermudah transaksi pembayaran ketika berbelanja ataupun transaksi yang lainnya. Jadi tidak perlu lagi banyak membawa uang tunai di saku anda.

Meskipun begitu, sebagian orang yang telah memiliki kartu kredit justru ingin menutupnya. Alasannya tentu bermacam – macam, seperti hutang kartu kredit yang menunggak atau merasa tidak memerlukan lagi kartu kredit tersebut.

Jika anda berencana untuk menutup kartu kredit anda, sebaiknya anda memperhatikan 4 hal berikut ini, seperti dikutip dari HaloMoney:

 

1. Jangan sisakan semua poin reward atau airmiles

Apakah kartu kredit anda memiliki saldo poin reward atau airmiles? Sebaiknya anda manfaatkan poin hadiah tersebut sebelum menutupnya. Coba cek dengan pihak bank berapa sisa poin hadiah yang anda miliki.

Tergantung kegunaan poin hadiah tersebut, anda mungkin bisa tukar dengan undian, freebies dari bank, atau manfaatkan untuk transaksi rutin anda untuk mengurangi nilai transaksi.

Terkadang, bank juga memberikan pilihan untuk mengkompensasikan poin tersebut menjadi duit yang ditransfer ke rekening anda. Pastikan agar biaya transfer yang timbul tidak lebih besar dari uang yang anda terima.

 

2. Putus / alihkan transaksi rutin dari kartu kredit

Coba diingat-ingat, apakah anda melakukan pembayaran otomatis atas suatu transaksi dengan kartu kredit yang akan anda tutup tersebut? Misalnya, pembayaran listrik, air, atau mungkin pembayaran asuransi dan kredit kendaraan.

Jangan sampai saat anda menutup kartu kredit tersebut, namun anda lupa membatalkan atau mengalihkan pembayaran otomatis tersebut ke kartu kredit lain. Bisa – bisa anda kedatangan DC untuk menagih pembayaran kartu kredit anda.

 

3. Tanyakan mengenai biaya tahunan

Namanya juga biaya tahunan (annual fee), beban ini hanya terjadi setahun sekali sehingga mudah bagi kita untuk melupakan beban yang satu ini. Periksa kembali perjanjian awal pembukaan kartu kredit untuk mengecek kapan biaya tahunan tersebut mulai dibebankan.

Kalau kartu kredit anda belum mencapai setahun tapi sudah dibebankan biaya tahunan, anda bisa segera komplain ke pihak bank dengan bukti perjanjian kartu kredit tersebut. Jika memang sudah waktunya membayar biaya tahunan, yah tentu saja anda harus melunasi terlebih dahulu.

 

4. Lunasi semua utang kartu kredit

Hal paling penting terakhir yang wajib anda lakukan adalah membuat rencana untuk melunasi seluruh utang kartu kredit anda hingga tuntas. Jika ada yang menunggak, maka anda bisa fokus untuk melunasinya terlebih dahulu.

Apabila anda memiliki beberapa hutang kartu kredit sekaligus, fokuslah untuk melunasi kartu kredit dengan jumlah yang terkecil dulu. Membereskan satu jenis utang akan memberikan rasa kepercayaan diri untuk mengumpulkan uang dan menghapus secepatnya utang kartu kredit lain.

Namun, jika salah satu kartu kredit membebankan bunga yang jauh lebih tinggi, maka sangat disarankan anda untuk membereskan utang ini dulu untuk mencegah timbulnya biaya bunga yang terlalu tinggi. Agar pelunasan selanjutnya lebih ringan.

Dan yang terpenting, jika anda menggunakan kartu kredit, bijaklah dalam menggunakannya dan gunakan sesuai kebutuhan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here