Published On: Rab, Mar 15th, 2017

Selain Menahan Kencing, Ini Ternyata Penyebab Batu Ginjal

d

Jalaon.com – Seperti yang banyak diketahui oleh sebagian besar orang, bahwa penyakit batu ginjal adalah disebabkan oleh terlalu seringnya menahan kencing, sehingga tumpukan racun dari air kencing tersebut memicu batu ginjal.

Namun, nyatanya tidak hanya itu saja, sering makan gorengan, kacang, emping dan juga jeroan ternyata juga dapat memicu penyakit batu ginjal. Hal ini dapat terjadi karena makanan – makanan tersebut mengandung kolesterol dan asam urat yang tinggi.

Ketika kandungan zat purin atau asam urat di dalam tubuh sangat tinggi, maka tumpukan zat tersebutlah yang dapat menyebabkan penyakit batu ginjal. Hal ini diungkapkan oleh dokter spesialis urologi, Marto Sugiono, dari Siloam Hospital Kebon Jeruk.

“Orang Indonesia tuh suka makan jeroan, gorengan, kacang, emping, itu mengandung asam urat tinggi. Sementara, terjadinya batu ginjal karena zat sisa berlebih dari asam urat yang menumpuk dan mengeras,” ujar Marto saat acara media gathering Tindakan Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy, Atasi Batu Ginjal Tanpa Operasi di Kebon Jeruk, Selasa (14/3/2017).

Marto juga menjelaskan bahwa faktor keturunan juga mempengaruhi munculnya penyakit batu ginjal, namun presentase keturunan kelainan batu ginjal tersebut sangat sedikit.

“Kalau faktor keturunan itu, memang ada kelainan pada ginjalnya, atau dia punya keturunan asam urat tinggi. Kalau apes banget nih ya, dia (pasien) memang ada kelainan pada ginjal dan livernya itu tidak bisa melakukan metabolisme sejak kecil, tapi rata-rata bukan faktor keturunan,” jelas Marto.