Published On: Sel, Mar 28th, 2017

Semangka Unik Ini Dibaderol Ratusan Juta, Karena Bentuknya

semangka unik

Jalaon.com – Tidak seperti bentuk buah biasanya, semangka di Jepang ini dijual di pasaran dengan model, kotak, hati hingga segitiga. Rupa unik inilah yang membuah buah-buahan itu dihargai mahal. Tentu saja karena bentuknya yang nggak biasa tetap ada yang mau membeli meski hingga mencapai ratusan juta rupiah.

Dikutip wowkeren Di beberapa pasar modern di Jepang terlihat semangka ini dibanderol 20 ribu poundsterling atau sekitar Rp 335 ribu juta. Ukurannya yang tetap sama dengan semangka biasanya memang membuat buah ini disukai.

Teknik pembuatan bentuk buah ini disebut sembikkya. Teknik ini dianggap tertua di sejarah pedagang sayur di Jepang. Ada yang menyebut teknik ini diciptakan oleh seseorang di tahun 1834.

Sembikkya terkenal sejak 200 tahun yang lalu karena mampu membuat buah dengan bentuk aneh. Hingga kini telah terjual semangka berbentuk hati, anggur ukuranBOLA ping pong dan stroberi berukuranBOLA tenis.

Buah adalah bisnis besar di Jepang. Petani menghabiskan bertahun-tahun budidaya ekstra besar dan berbentuk aneh untuk dijual pada klien dengan harga yang tinggi. “Kini sulit mendapatkan bentuk stroberi yang benar,” ujar pemilik toko buah, Okuda Nichio. “Buah itu kadang-kadang bisa berubah menjadi bola.

Setiap stroberi membutuhkan 45 hari bertumbuh di peternakan Nichio. Dia hanya menjual 500 stroberi dengan ukuran bola tenis dalam setahun. Dia hanya mengambil 500.000 Yen (£ 3600) atau sekitar Rp 60 juta per masing-masing buah. “Ini diambil dari 15 tahun untuk mencapai tingkat kesempurnaan,” ungkapnya.