Published On: Kam, Agu 25th, 2016

Separuh Kota Amatrice di Italia Hancur Akibat Gempa 6,2 SR

Berita duka yang terjadi di Italia, yang baru saja ditimpa bencana Gempa yang mencapai 6,2 SR, tepatnya di tenggara Kota Norcia pada Rabu 24 Agustus 2016.

Penduduk kota tersebut merasakan guncangan gempa pada pukul 03.36 waktu setempat. Dan gempa terjadi pada kedalaman 10 kilometer.

Dilansir dari CNN, Rabu (24/8/2016), getaran gempa tersebut terasa hingga ke Roma, Ibukota Italia.

Setelah itu terjadi gempa susulan 5,5 SR dalam kurun waktu kurang lebih satu setengah jam setelah gempa pertama. Pusat guncangan hanya berjarak 4 kilometer di timur laut Kota Norcia.

Hingga saat ini belum dapat dikonfirmasi mengenai jumlah korban yang meninggal maupun yang luka – luka. Namun sementara ini dapat dikonfirmasi bahwa setidaknya ada 4 korban yang ditemukan tewas.

Menurut RAI, mengkonfirmasi bahwa terdapat bangunan rumah penduduk di kota pegunungan Amatrice yang hancur akibat gempa.

Foto diambil setelah terjadi gempa, beberapa rumah roboh dan hancur.

“Jalan masuk dan keluar kota terputus. Setengah dari kota hancur,” kata Sergio Pirozzi selaku Walikota, seperti yang dilansir di Daily Mail.

USGS telah memperkirakan kerugian yang signifikan dalam spek ekonomi yang diakibatkan oleh bencana tersebut, karena tidak semua warga setempat berada di rumah yang tahan gempa.

Tambahnya, karena mayoritas di bangunan rumah di kota tersebut hanya dibangun dengan menggunakan bata lumpur tanpa diperkuat dengan beton di dalamnya.

Seorang ahli geofisika USGS, Rafael Abreu mengatakan,  bahwa adanya kerugian yang sangat signifikan dan dapat dipastikan adanya korban dalam bencana ini.

“Kami melihat probabilitas 35 persen antara ratusan hingga ribuan korban. Ini hanya dugaan yang sangat awal,” tegas Rafael.

Dilaporkan terdapat sejumlah kota yang diperkirakan mengalami kerusakan yang paling parah antara lain adalah Accumoli, Amatrice, Posta dan Arquata del Tronto. Saat ini pun Helikopter telah memeriksanya langsung di tempat bencana untuk memastikan keadaan.

Selain gempa yang terjadi saat ini, sebelumnya Italia juga dilanda gempa Pada April 2009, gempa berkekuatan 6,3 SR yang terjadi di Italia tengah, menewaskan 295 orang sementara gempa pada Mei 2002 yang melanda Italia utara menewaskan puluhan orang.