Published On: Kam, Mar 9th, 2017

Siapakah Penemu Mie Instan?

d

Jalaon.com Mie instan merupakan makanan favorit bagi banyak kalangan di masyarakat sebagai pengganti nasi. Selain aroma dan rasa yang nikmat, mie instan juga dirasa sangat praktis untuk dijadikan menu makanan siap saji.

Begitu banyak orang yang menyukai fast food jenis ini, namun apakah anda mengetahui darimana mie instan berasal, dan siapakah yang menemukan ide menciptakan mie instan ini?

Mie instan pertama kali ditemukan oleh Momofuku Ando, seorang kakek berkebangsaan Jepang yang lahir di Taiwan pada tahun 1911. Dan mie instan ini akhirnya masuk ke Indonesia pada sekitar tahun 1960-an.

Pada waktu itu sekitar tahun 1957 Jepang mendapatkan bantuan berupa gandum dari Amerika Serikat dikarenakan Jepang mengalami paceklik pangan. Karena bantuan itu, harga terigu pun menjadi murah, pemerintah Jepang pun mengajak warga untuk mengkonsumsi terigu dan roti sebagai pengganti nasi yang sedang sulit didapat.

Ando waktu itu memahami kalau warga Jepang sangat menyukai makan mie setiap harinya. Melihat peluang kegemaran memakan mie dan harga terigu yang sangat murah, Ando pun mulai berpikir untuk membuat mie dari bahan dasar terigu.

Saat itu ia memutuskan untuk membeli sebuah mesin pembuat mie, kemudian ia bereksperimen membuat mie dengan bahan dasar terigu. Namun ia tidak ingin membuat mie yang sudah umum dipasaran, ia memiliki ide untuk membuat mie yang sangat mudah untuk memasaknya.

Akhirnya ia membuat sebuah mie kering yang sangat mudah dimasak hanya dengan merebusnya dan dilengkapi dengan bumbu – bumbu yang dikemas, dan jadilah mie instan.

Kala itu Ando mencoba untuk memperkenalkan produk mie instannya dan memasarkannya di toko – toko, tak disangka mie instan buatan Ando ini sangat laris dipasaran.

Pada tahun 1958 Ando mulai memproduksi secara besar – besaran karena permintaan cukup banyak, hingga akhirnya ia berhasil membangun sebuah pabrik mie instan yang bernama “Nissin Foods”.