Published On: Sen, Mei 29th, 2017

Sri Mulyani : Ditjen Pajak akan Jamin Kerahasiaan Data Nasabah Bank

da

Jalaon.com – Pemerintah telah membuat kebijakan baru yaitu mengenai data nasabah, dimana pihak Ditjen Pajak dapat melihat rekening nasabah untuk kepentingan perpajakan.

Peraturan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Akses Informasi Keuangan Untuk Kepentingan Perpajakan.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengimbau kepada nasabah agar tidak perlu khawatir dengan hak akses rekening yang dimiliki oleh  Ditjen Pajak, karena pihaknya akan tetap menjaga kerahasiaan data nasabah bank.

“Kerahasiaan akan tetap kami jaga, dan kewajiban dari aparat Direktorat Jenderal (Dirjen) Pajak akan diteliti dan sesuai aturan,” kata Sri Mulyani, dalam rapat dengan Komisi XI DPR, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (29/5/2017).

Selain itu, pemerintah juga telah membuat peraturan terhadap pihak atau oknum yang mencoba untuk membocorkan data nasabah kepada pihak manapun, maka akan dikenakan pidana bahkan hukuman kurungan penjara.