Published On: Kam, Apr 13th, 2017

Stok Pangan Melimpah, Pedagang Takkan Berani Bermain Harga

d

Jalaon.com – Menteri Pertanian Amran Sulaiman menerangkan bahwa saat bulan Ramadhan dan lebaran tiba nanti para pedagang tidak akan berani memainkan harga, pasalnya pemerintah saat ini masih memiliki stok pangan yang cukup banyak, yaitu sekitar dua juta ton.

“Saya kira pedagang nggak berani, kenapa? Stock kita 2 juta lebih, kalau kami pengadaan lagi 2 bulan sampai besok Ramadan, kemungkinan stock kita dalam 5 tahun tertinggi nanti persiapan Ramadan bisa masuk 2,5 juta ton dan itu sangat besar,” katanya saat ditemui di Pasar Induk Beras Cipinang, Kamis (13/4/2017).

Hal ini juga diungkapkan oleh Menteri Perdagangan Enggartiato Lukita, ia mengatakan bahwa pedagang akan mengalami kerugian apabila tetap berani mempermainkan harga, karena apabila pedagang nakal dengan melonjakkan harga, maka pemerintah akan segera memasok stok beras.

“Para spekulan sekarang nggak akan berani, karena pemerintah punya stock. Beras begitu sedikit kenaikan lonjakan nanti digelontorin, kita gelontorin,” jelasnya.

Selain itu, para pedagang maupun agen juga diwajibkan untuk mendaftar kepada pemerintah dan melaporkan sisa stok beras yang mereka miliki, dan apabila distributor tidak mendaftar, maka pemerintah tidak dapat memberikan ijin untuk berdagang.

“Di luar itu seluruh distributor, sub distributor dan agen wajib mendaftar, dan dia melaporkan posisi stock-nya. Kalau dia tidak mendaftar dan melaporkan dengan baik, maka dia dicoret dari daftar dia tidak bisa dagang lagi,” tegasnya.