Published On: Jum, Agu 12th, 2016

Studi: Malas Tanda Orang Cerdas

Berdasarkan penelitian terbaru, bahwa orang yang cerdas, cenderung banyak bermalas – malasan ketimbang orang yang selalu aktif.

Penelitian ini adalah hasil dari studi peneliti di Amerika Serikat. Tampaknya mendukung pendapat bahwa orang dengan IQ tinggi tidak mudah bosan, sehingga menghabiskan lebih banyak waktu untuk berpikir. Sementara orang yang aktif lebih senang melakukan kegiatan fisik karena perlu untuk menstimulasi pikiran dengan kegiatan eksternal, entah itu untuk mengalihkan pikiran atau karena mereka cenderung lebih mudah merasa bosan jika hanya diam dan berfikir.

Seperti yang dilansir Independent, Kamis (11/8/2016), para peneliti dari Florida Gulf Coast yang dipimpin Todd McElroy memilih masing-masing 30 orang tipe pemikir dan 30 orang tipe bukan pemikir untuk dilibatkan dalam studi penelitiannya.

Masing-masing individu dari kedua kelompok tersebut dipakaikan alat pada pergelangan tangan untuk melacak tingkat pergerakan dan aktivitas mereka selama tujuh hari. Ini bertujuan melihat seberapa aktif individu tersebut secara fisik.

Hasilnya, kelompok tipe pemikir jauh lebih tidak aktif selama hari kerja dibandingkan tipe yang bukan pemikir. Sementara di akhir minggu, studi menunjukkan tidak ada perbedaan tingkat keaktifan fisik antara kedua kelompok tersebut.

Studi yang dimuat dalam Journal of Health Psychology ini dianggap memiliki hasil yang akurat secara statistik.

Karena hasil studi menunjukkan individu yang cerdas cenderung tidak aktif secara fisik, para peneliti menyarankan mereka untuk lebih menyadari pentingnya melakukan aktivitas fisik dari kegiatan eksternal agar terhindar dari gaya hidup yang tak sehat.