Temukan Planet Mirip Bumi, Ilmuwan Ungkap Planet Ini Bisa Ditinggali

00157062

Jalaon.com – Ilmuwan memang tengah mendalami studi untuk menemukan planet baru yang dapat ditinggali manusia di masa depan. Namun baru-baru ini studi yang diterbitkan Astronomical Journal mengungkap temuan baru tentang keberadaan atmosfer di sekitar planet yang menyerupai Bumi.

Dilansir dari wowkeren, mereka telah meneliti planet bernama GJ 1132b. Planet itu berukuran 1,4 kali dari Bumi dan berjarak 39 tahun cahaya. Dari hasil pengamatan, planet tersebut dilapisi gas yang terdiri dari air atau metana atau campurannya yang merupakan kandungan atmosfer tebal.

Penemuan atmosfer di planet yang dikenal dengan “super-Earth” ini pun menjadi sebuah kemajuan penting dalam usaha mencari kehidupan di luar Tata Surya. Sayangnya, planet ini tampaknya akan susah untuk ditinggali manusia. Pasalnya, “super-Earth” memiliki panas permukaan sekitar 370 celsius.

“Setahuku makhluk hidup di Bumi hanya mampu bertahan hidup dengan suhu terpanas 120 celsius dan itu jauh lebih dingin dari planet ini,” ungkap peneliti Universitas Keele, Dr John Southworth. Meski tak dapat ditinggali, penemuan itu menjadi kunci penemuan baru.

“Dari yang ditunjukkan bahwa atmosfer dapat dijumpai di planet yang dikelilingi bintang-bintang dengan massa rendah. Dan karena ada banyak planet di alam semesta, kami memperkirakan ada satu planet yang bisa dihuni,” lanjut Dr Southworth.

Sementara itu, planet GJ 1132b sendiri pertama kali diumumkan pada tahun 2015 lalu. Planet itu terletak di konstelasi Vela dan mengorbit di sekeliling bintang yang berukuran jauh lebih kecil, lebih dingin dan redup dari Matahari. Planet itu dapat diamati dari teleskop di European Southern Observatory di Chili.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here