Published On: Sel, Apr 25th, 2017

Terbukti Menggunakan Ijazah Palsu, PNS Langsung Diberhentikan Paksa

d

Jalaon.com – Kasus pemalsuan ijazah hingga saat ini masih kerap terjadi, tidak hanya digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan swasta, melainkan juga untuk mendaftarkan diri sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

PNS yang terbukti menggunakan ijazah palsu, akan langsung diberhentikan tidak dengan permintaan sendiri. Pemerintah dengan tegas memberikan sanksi tersebut, karena sudah tertera pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 pasal 258 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“PNS yang terbukti menggunakan ijazah palsu dalam pembinaan kepegawaian diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri,” tulis Pasal 258.

Sekretaris Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Aba Subagja mengungkapkan bahwa PNS yang terbukti menggunakan ijazah palsu akan diberhentikan secara hormat. Ini artinya PNS masih akan mendapatkan sebagian dari hak dana pensiun.

Meskipun PNS yang diberhentikan tersebut masih mendapatkan haknya untuk menerima sebagian dari dana pensiun, akan tetapi hal ini telah mencoreng nama PNS itu sendiri karena sudah melakukan perbuatan yang tidak baik dengan memalsukan ijazah.

“Dari sisi kepegawaian tidak baik, karena dia diberhentikannya di paksa. Dipaksa berhenti jadi kondisinya kurang bagus. Makanya sebelum masuk pemberhentian yang korupsi dulu juga dia ajukan atas permintaan sendiri dulu. Dari aspek kepegawaian masih clear. Kalau ini tidak atas permintaan sendiri, orang itu diberhentikan sebenarnya, cuma diberikan haknya,” papar Aba Subagja