Published On: Ming, Jul 2nd, 2017

Terlalu Lama Menatap Smartphone Bisa Merubah Bentuk Bola Mata

Jalaon.com – Dengan adanya smartphone kini mayoritas masyarakat lebih sering menghabiskan waktu untuk menatap layar smartphone ketimbang melakukan aktivitas lain baik didalam maupun di luar ruangan.

Kecanggihan smartphone yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas seperti membaca berita, majalah atau berselancar di internet membuat orang semakin betah berlama – lama menatap layar smartphone, tentu saja hal ini tidaklah baik untuk kesehatan mata.

Pada umumnya orang menyadari bahwa hal ini akan membuat berbagai gangguan mata seperti iritasi, mata merah hingga mata minus. Namun ternyata ada yang lebih parah dari itu, yaitu bisa membuat mata cepat mengalami rabun dan lamur, bahkan berubahnya bentuk bola mata.

Andrew Bastawrous seorang ahli mata mengatakan bahwa terlalu lama menatap layar smartphone bisa mempercepat mata rabun hingga mengalami perubahan bentuk bola mata, hal ini juga berdasarkan pengalamannya dalam menangani pasien dengan keluhan serupa.

“Banyak orang menjadi (lebih cepat) rabun sejak satu dekade yang lalu. Implikasi dari hal ini bukan hanya berarti lebih banyak orang yang butuh kacamata, namun ini adalah kondisi patologis,” kata Bastawrous saat wawancara pada Minggu (2/7/2017).

Bastawrous mengatakan bahwa kasus tersebut banyak terjadi di Asia dimana banyak anak yang masih duduk dibangku sekolah harus mengalami mata rabun dan lamur akibat seringnya menatap layar smartphone. Perubahan bentuk bola mata yang semakin membesar inilah yang menyebabkan mata menjadi lamur.

“Hal tersebut terjadi lantaran orang makin banyak yang membaca dari jarak dekat, terutama dengan smartphone yang menjadikan mata lebih cepat rabun. Tentunya, kondisi ini juga didorong oleh hal lain, misalnya saja saat orang lebih sedikit menghabiskan waktu di luar ruangan.” Jelasnya.

Selain itu, Bastawrous mengimbau kepada para orang tua agar bisa membatasi anak – anak bermain smartphone dan disarankan agar lebih banyak melakukan aktivitas diluar ruangan agar terhindar dari percepatan mata rabun dan lamur.