Published On: Jum, Agu 19th, 2016

Ternyata Kayu Manis Bisa Meningkatkan Kemampuan Belajar

Seperti yang kita ketahui, bahwa kayu manis biasa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menjadi penyedap makanan atau minuman. Namun tahukah anda jika kayu manis ternyata bisa berfungsi untuk meningkatkan kemampuan belajar?

Seorang ilmuwan saraf di Rush University Medical Center, melakukan sebuah studi penelitian, ia menemukan bahwa awalnya tikus di laboratorium tersebut memiliki kemampuan belajar yang buruk, namun setelah diberi makan kayu manis, ia pun memiliki kemampuan belajar yang baik.

“Hal ini merupakan cara yang paling aman dan paling mudah untuk mengubah peserta didik yang kurang baik menjadi baik,” kata peneliti utama studi, Kalipada Pahan, PhD, dan Floyd A. Davis, profesor neurologi di Rush.

Para peneliti menjelaskan, bahwa sebenarnya beberapa orang dilahirkan memiliki kemampuan belajar yang baik, ada juga yang dilahirkan menjadi pelajar yang baik dengan usaha terlebih dahulu, dan beberapa lainnya ada yang merasa kesulitan untuk mempelajari hal baru, bahkan dengan usaha sekalipun, hal ini dilansir dari sciencedaily, Rabu (20/7/2016).

“Memahami mekanisme otak yang mengarah pada kemampuan belajar yang kurang, sangat penting untuk mengembangkan strategi yang efektif untuk meningkatkan memori dan kemampuan belajarnya,” kata Pahan.

Mekanisme pengembangan otak tikus dalam studi tersebut ialah, ketika tikus memakan kayu manis, tubuh mereka akan memproduksi natrium benzoat, yaitu bahan kimia yang digunakan sebagai terapi obat untuk kerusakan otak.

Ketika natrium benzoat tersebut telah memasuki otak tikus, hal tersebut mampu meningkatkan CREB (protein yang berkaitan dengan memori dan pembelajaran) dan mengurangi GABRA 5 (protein yang menghambat kinerja otak).