Ternyata Lansia akan Lebih Menyehatkan Apabila Berkumpul dengan Teman Lama

Jalaon.com – Saat memasuki usia lanjut, seringkali orang tua akan menghabiskan waktunya bersama keluarganya. Hal ini memang cukup menyenangkan dan menghibur bagi orang berusia lanjut.

Namun, baru – baru ini telah dilakukan sebuah penelitian diĀ Michigan State University tentang hubungan orang lanjut usia dengan keluarga serta teman dekat. Penelitian tersebut mengatakan bahwa orang yang lanjut usia akan lebih merasa gembira dan menyehatkan apabila berkumpul bersama teman lamanya dibandingkan dengan keluarganya sendiri.

“Hubungan kuat dengan teman memiliki efek sama seperti keluarga tapi pada banyak orang tua, dukungan dari teman-teman memiliki manfaat lebih besar,” kata William Chopik, salah satu peneliti.

Chopik menjelaskan bahwa saat orang tua berkumpul bersama keluarganya, maka waktu dan kegiatan yang dilakukan cenderung monoton dan membosankan. Berbeda apabila ia berkumpul bersama teman sebayanya, dimana mereka akan lebih membicarakan suatu topik dan kegiatan yang membuat mereka merasa lepas dan bergembira.

Seperti yang dikutip dari lamanĀ Time, Kamis (8/6/2017), walaupun begitu, peran keluarga tetaplah penting untuk mengisi hari – hari orang tua yang memasuki usia lanjut meskipun tidak banyak memberikan kegembiraan seperti saat berkumpul dengan teman lamanya.

“Ya memang anggota keluarga berperan penting menjadi caregiver bagi orang tua atau anggota keluarga yang sudah sepuh. Itu bisa juga lebih ke arah bentuk pertanggungjawaban. Namun keluarga terkadang tidak memberikan banyak kegembiraan seperti yang dilakukan teman lama,” ucap Chopik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here