Published On: Sen, Agu 22nd, 2016

Ternyata, Minum Teh Setelah Makan Itu Berbahaya!

Seperti yang kebanyakan orang lakukan ketika mereka berada di sebuah rumah makan, mayoritas minuman yang mereka pesan adalah es teh dan teh hangat, betul?

Namun, apa kata para pakar kesehatan tentang minum teh setelah makan besar? ternyata itu tidaklah baik untyuk kesehatan tubuh. Minum teh sekurang-kurangnya sejam sebelum atau setelah makan bakal kurangi daya serap sel darah pada zat besi sebesar 64 %. Pengurangan daya serap disebabkan teh ini lebih tinggi daripada disebabkan sama yang ditimbulkan oleh minum satu gelas kopi setelah makan. Kopi mengurangi daya serap cuma 39 %.

Pengurangan daya serap zat besi itu terjadi karena disebabkan oleh zat tanin dalam teh. Terkecuali mengandung tanin, teh juga memiliki kandungan kafein, polifenol, albumin, serta vitamin. Tanin dapat mempengaruhi penyerapan zat besi dari makanan terutama yang masuk kategori heme non-iron, misalnya padi-padian, sayur-mayur, dan juga kacang-kacangan. Ternyata, jika kita makan menu standar plus segelas teh, zat besi yang diserap cuma setengah dari yang semestinya

Menurut Dr. Rachmad Soegih, pakar gizi dari RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, zat tanin tersebut memanglah menghalangi produksi hemoglobin. Bila memanglah mau menghindari teh serta mendapatkan banyak zat besi, sebaiknya teh digantikan air jeruk juga sebagai peneman makan.

“Makan nasi pecel dengan jeruk jadi besar penyerapan zat besi apabila dibanding dengan minum es teh” tegasnya.

Alasannya adalah, karena Vitamin C mampu membantu memperbesar penyerapan zat besi. Namun, apakah kita mesti menghindari untuk meminum teh? tidak lah se saklak itu, perlu juga anda ketahui bahwa teh juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh.

* Teh bakal berefek baik untuk tubuh bila dikonsumsi pada pagi serta sore, dibarengi karbohidrat serta protein, misalnya roti serta biskuit.

* Kiat lain, memberikan jeda minum teh setelah makan, misalnya dua jam sesudah makan.
Jeda itu dibutuhkan karena rentang waktu itu diprediksikan cukup untuk usus 12 jari serta usus halus sisi atas untuk melakukan proses penyerapan makanan.

Jadi, boleh-boleh meminum teh, asal tak setelah makan besar.