Published On: Sel, Agu 23rd, 2016

Ternyata, Teh Cengkeh Bisa Memperbaiki Insulin Pasien Diabetes

Cengkeh yang sudah umum digunakan untuk bahan tambahan membuat makanan, minuman, kosmetik, pasta gigi dan sebagai bahan bumbu masakan ini ternyata memiliki kasiat lain yang mungkin jarang diketahui oleh orang.

Seperti dikutip dari American Heart Association Circulation, sebuah studi menemukan bahwa cengkeh punya kemungkinan besar menurunkan kadar gula darah dan menjaga gula darah para penderita diabetes.

Dengan cara menyeduh cengkeh atau mengkonsumsinya secara langsung dikatakan dapat membuat kandungan cengkeh bekerja di dalam tubuh dengan cara menginduksi aktivitas insulin. Cengkeh berperan sebagai insulin dan membantu resistensi atau pelepasan insulin lebih banyak sehingga dapat menstabilkan kadar gula darah, terutama bagi penderita diabetes.

Cara mengkonsumsi cengkeh sangat mudah, mirip dengan ketika kamu menyeduh teh, yaitu ambil 5 – 6 buah cengkeh, lalu seduhlah dengan air panas, tunggu hingga hangat, lalu minumlah.

Rempah kering ini juga bisa dimakan secara berkala untuk membantu menghilangkan bau nafas tak sedap dan masalah perut lainnya.

Namun berhati – hatilah untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi cengkeh dengan cara dimakan langsung apalagi memiliki riwayat penyakit lambung. Karena bunga cengkeh memiliki kandungan eugenol yang tinggi, sehingga cukup keras untuk lambung.

Disarankan untuk mengkonsumsi cengkeh 5-6 butir saja setiap harinya, dan perlu diimbangi dengan minum air putih yang cukup.