Published On: Rab, Agu 16th, 2017

Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Jokowi akan Tenggelamkan Kapal Ilegal

Jalaon.com – Presiden Joko Widodo telah memberikan pidato dengan tema Kenegaraan dalam Rangka HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan RI di depan DPD RI dan DPR RI di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta pada hari ini, Selasa (16/08/17).

Dalam pidatonya tersebut Jokowi juga membahas mengenai peran pemerintah dalam menjaga kesejahteraan masyarakat Indonesia dengan tetap memelihara sikap ketegasan untuk mengatasi segala bentuk kecurangan dan ilegalitas.

Jokowi menyinggung terkait kapal ilegal yang bertebaran di laut RI untuk menangkap ikan nusantara, ia mengimbau kepada jajaran pemerintah agar tetap tegas dan berani untuk menenggelamkan kapal – kapal asing yang telah mencuri ikan nusantara yang akan dapat merugikan para nelayan.

” Kita tidak boleh ragu menjaga kedaulatan kita, menjaga laut kita, menjaga perbatasan kita, menjaga sumber daya alam kita. Kita harus berani melawan pencurian sumber daya laut kita. Kita berani menenggelamkan kapal ilegal untuk melindungi nelayan kita,” kata Jokowi, Rabu (16/8/2017).

” Kita harus berani menjaga setiap jengkal bumi pertiwi untuk kemakmuran rakyat kita. Kita berani bubarkan Petral. Kita berani alihkan subsidi untuk hal-hal yang produktif,” sambungnya.

Jokowi juga menegaskan kembali tentang pentingnya menjaga dan mengamalkan ideologi bangsa yaitu Pancasila dalam setiap insan masyarakat. Hal ini juga yang menjadi acuan pemerintah untuk mengambil sikap ketegasan dalam menangani berbagai permasalahan yang dapat mempengaruhi kesejahteraan bangsa.

” Pancasila adalah pemersatu kita semua, yang harus kita hayati, yang harus kita amalkan, yang harus menjadi ideologi yang bekerja dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegasnya.