Published On: Ming, Apr 9th, 2017

Wacana Pemindahan Ibu Kota Negara Tidak Berdampak pada Kegiatan Ekonomi di Jakarta

d

Jalaon.com – Pemerintah saat ini tengah mempertimbangkan untuk memindahkan Ibu Kota Indonesia, dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Selama ini Jakarta merupakan kota yang dikenal sebagai daerah bisnis ataupun industri. Banyak pihak yang mempertanyakan bagaimana dampak yang dirasakan oleh warga Jakarta jika wacana tersebut terealisasikan?

Nampaknya, hal ini tidak terlalu berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi dan bisnis yang berjalan di Jakarta, karena sejak dahulu kota Jakarta sudah dikenal sebagai kota bisnis dan berkumpulnya para pendatang dari berbagai daerah baik untuk berwisata ataupun untuk kegiatan bisnis, seperti yang diungkapkan oleh  Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang.

“Saya rasa sih nggak (berdampak), karena memang Jakarta ini kan sudah terlanjur menjadi kota bisnis. Tetap animo masyarakat untuk datang ke jakarta untuk berwisata juga cukup tinggi,” katanya di Jakarta, Minggu (9/4/2017).

Sarman menilai yang akan berpengaruh dari pemindahan ibu kota ini adalah dari segi populasi pekerja yang akan berkurang pada siang hari, tetapi menurutnya apabila minat investasi di Jakarta tidak terpengaruh oleh rencana pemerintah itu, maka populasi pekerja di Jakarta akan tetap sama.

“Paling-paling yang sedikit berkurang yaitu masalah populasi, mungkin populasi di siang hari. Kalau di malam hari tidak begitu pengaruh. Karena selama ini pekerja di Kakarta cukup besar, dan mereka tinggal di daerah-daerah penyangga. Tapi kalau dari sisi minat investasi di Jakarta tidak terpengaruh, karena ini kan menjadi pusat bisnis,” ujarnya.