Published On: Sen, Mei 1st, 2017

Wanita Beresiko Terkena Serangan Jantung Mematikan saat Pascamenopause

d

Jalaon.com – Berdasarkan hasil survei dan penelitian, laki – laki pada umumnya lebih beresiko terserang penyakit jantung dibandingkan wanita, karena wanita memiliki hormon estrogen yang dapat melindunginya dari serangan jantung.

Namun, Sekjen Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), dr. Yetty Sedyawan,Sp.Jp(K) mengatakan bahwa wanita juga dapat beresiko terkena serangan jantung setelah memasuki fase pascamenopause.

“Kalau perempuan, ‘kan memang ada hormon estrogen. Nah, hormon ini yang melindungi perempuan dari risiko penyakit jantung. Ketika menopause, hormon ini tidak lagi diproduksi sehingga risiko mengidap serangan jantung meningkat,” kata Yetty saat menghadiri acara perkembangan teknologi dan pelayanan terkini pada penyakit jantung dan pembuluh darah lanjut di Jakarta baru baru ini.

Selain itu, dr Yetty mengatakan bahwa wanita lebih beresiko terkena serangan jantung yang lebih berbahaya dibandingkan pria setelah hormon esterogen tersebut sudah tidak dapat di produksi oleh tubuh.

Akan tetapi, hal ini dapat dicegah oleh wanita yaitu dengan membiasakan pola hidup yang sehat, seperti aktivitas fisik, asupan makanan yang baik, dan tidak banyak mengkonsumsi makanan – makanan yang mengandung gula, garam dan lemak sebelum memasuki fase menopause.