Published On: Rab, Agu 17th, 2016

Wanita Bintang You Tube Ini Punya 2 Vagina dan 2 Rahim

Pernakah anda membayangkan seorang wanita memiliki dua vagina dan dua rahim? Hal aneh ini dialami oleh Cassandra Bankson yang selama ini dikenal sebagai bintang You Tube yang kerap berbagi tips kecantikan kepada penggemarnya. Sekarang, ia justru berbagi sesuatu yang lebih pribadi.

Setelah mengalami sakit ginjal, Cassandra pergi ke dokter tahun lalu. Dan ditemukan pada dirinya ada dua vagina, dua rahim, dan dua cervixes.

“Ketika kami mendapatkan tesnya kembali, dokter mengatakan saya hanya punya satu ginjal, dan dokter curiga saya memiliki dua vagina,” ujar model berusia 22 tahun, dilansir Women’s Health, Selasa (16/8/2016).

Hal seperti itu dikenal sebagai didelphys rahim, dan bisa terjadi ketika sistem uterus berkembang di dalam rahim wanita. Kondisi ini dapat memanifestasikan dirinya dalam berbagai cara, kata seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam obstetri dan ginekologi, yaitu Melissa Goist, M.D, dan dokter tersebut juga bekerja sebagai asisten profesor klinis di The Ohio State University Wexner Medical Center.

“Seorang wanita dapat memiliki dua vagina, tapi hanya satu rahim, dan satu leher rahim. Ini mungkin apa yang disebut ‘rahim unicorn’ di mana seorang wanita kehilangan satu sisi sistem reproduksi,” ujar Goist. Dia pun memiliki total enam pasien yang mengalami kondisi yang sama seperti Cassandra

Bagaimana seorang wanita tidak tahu memiliki dua vagina? Bukankah itu sudah jelas? “Tidak,” jawab Jason James, M.D, ketua departemen obstetri dan ginekologi di Rumah Sakit Baptis, Miami.

“Ini bukan jenis hal yang perempuan cari tahu sendiri,” katanya. “Ini juga cukup mudah bagi dokter kandungan untuk melewatkannya. Ketika Anda memiliki vagina ganda, ada dasarnya septum (seperti yang ada di hidung) yang memisahkan vagina. Septum yang biasanya membagi di tengah tetapi sering salah satu vagina berkembang menjadi ‘lorong dominan’ karena penggunaan tampon dan seks. Dan lainnya mendorong ke samping.” Goist menambahkan.

Wanita yang mengalami kondisi seperti itu biasanya akan mengalami masa normal karena indung telur mereka juga memiliki siklus yang sama, lanjut Goist. Namun, tampon tampaknya tidak bekerja dengan baik karena hanya menggunakan dalam satu vagina saja.

Kata Susan Lin, M.D, sebuah ob-gyn di San Mateo, California. Jika vagina wanita hanya terbelah dua, pembagian dapat dihapus (pembatas tengahnya), sehingga menciptakan satu vagina.

Namun, dalam kondisi seperti ini memungkinkan akan mengalami kesulitan untuk memiliki bayi, karena rahim lebih kecil dari yang normal. Tapi James menyakini ia bisa memiliki kehamilan yang baik.