Published On: Ming, Jun 11th, 2017

Wanita Pengemis Ini Berhasil Raup Rp 249 ribu Dalam Waktu Dua Jam Saja

Jalaon.com – Aldriana, seorang wanita yang nekat berpura – pura ngesot untuk mengemis di kawasan area Car Free Day (CFD) Plaza Indonesia, Jakarta Pusat untuk membiayai kehidupan keluarganya telah diamankan petugas razia.

Saat itu, Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat sedang melakukan razia pengemis dan petugas pun berhasil mengamankan Aldriana.

Petugas yang merazia mengaku bahwa wanita ini sudah mempelajari terlebih dahulu jam kerja petugas yang biasa melakukan razia, dan ia beroperasi di tempat dimana jauh dari pengawasan petugas.

“Dia juga menggunakan anaknya untuk memata-matai petugas. Jika melihat petugas, dengan segera si anak memberi tahu ibunya,” kata Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat, Susana Budi Susilowati, Minggu (11/6).

Susan mengatakan bahwa Aldriana mampu menghasilkan uang sebesar Rp 249 ribu hanya dalam waktu dua jam saja, dan setelah terjaring razia, Aldriana mengaku bahwa ia mengemis demi untuk membiayai kebutuhan dan pengobatan anaknya yang mengalami kelainan jantung.

Sementara itu, keluarga Aldriana tidak tahu kalau ia berprofesi sebagai pengemis ngesot, keluarga mengetahui bahwa Aldriana bekerja sebagai pemulung.

Susan juga mengatakan bahwa banyak warga di kawasan tanah abang yang mengetahui bahwa aksi Aldriana mengesot tersebut hanyalah modus, namun ia tak peduli dengan situasi tersebut. Ia juga kerap memanfaatkan anaknya untuk memantau situasi untuk melancarkan aksinya mengemis.

“Sebenarnya di Pasar Tanah Abang banyak orang yang tahu ia ngesot itu cuma modus. Ada juga pengunjung pasar yang meledek dan mencibir, tapi dia enggak ambil pusing,” jelas Susan.