Published On: Sen, Jul 17th, 2017

Warga Kalteng Menyambut Baik Wacana Pemindahan Ibu Kota di Palangkaraya

Jalaon.com – Warga Palangkaraya, Kalimantan Tengah sangat antusias dan bersiap – siap untuk menyambut kepindahan Ibu Kota Indonesia dari Jakarta ke provinsi mereka.

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kotim Halikinnor mengungkapkan bahwa pemerintah daerah dan warga Palangkaraya merasa bersyukur atas wacana pemerintah tentang pemindahan Ibu Kota ke daerah mereka.

“Kita tentu harus bersyukur kalau nantinya Kalteng dipilih menjadi Ibu Kota negara dan pusat pemerintahan,” katanya di Sampit, Minggu 16 Juli 2017.

Halikinnor juga meminta kepada masyarakat Kalimantan Tengah agar mempersiapkan diri sebaik mungkin apabila pusat pemerintahan sudah resmi dipindahkan ke Palangkaraya agar warga dayak asli tidak tersingkirikan karena kalah bersaing dengan warga pendatang.

“Masyarakat juga harus mempersiapkan diri, khususnya masyarakat Dayak selaku warga asli wilayah ini agar bisa bertahan dan tidak terpinggirkan,” ucapnya.

Selain itu, Halikkinor juga meminta kepada masyarakat Kalteng agar mampu bersinergi dengan baik dengan pemerintahan melalui bidang profesi masing – masing, namun Halikinnor mengaku pemerintah daerah setempat tetap akan memprioritaskan warga lokal, adat dan budaya yang sudah diberlakukan melalui peraturan pemerintah Kalimantan Tengah.

“Kita tetap menghormati hukum nasional dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Masyarakat Dayak selalu terbuka dan menghargai tamu atau pendatang yang memiliki niat baik untuk bersama. Tapi kalau disakiti, tentu masyarakat Dayak bersikap dan pantang menyerah” jelasnya.