Waspada Penipuan Tiket Olimpiade Secara Online

Pagelaran pesta olahraga Olimpiade 2016 yang akan diadakan di Rio de Janerio sepertinya akan mengundang banyak penonton untuk menyaksikan pagelaran pembuka pada bulan Agustus. Tentu saja para penonton akan berdatangan dari berbagai negara di seluruh dunia untuk ikut mendukung atlet kesayangan mereka secara live.

Ternyata dari pagelaran olahraga tersebut terdapat beberapa permasalahan salah satunya penipuan dalam penjualan tiket.Berdasarkan dari temuan Kaspersky Lab pada spammer melakukan penipuan dengan cara mengirimkan email spam kepada masyarakat dan dari bentuk penipuan tersebut terlihat sangat sederhana yakni pengguna diharap memberikan informasi pribadi mereka termasuk nomor rekening bank untuk membayar tiket palsu. Setelah dapat informasi dari pengguna maka spammer tersebut mencuri uang korban dari nomor rekening yang diberikan.

Para ahli Kaspersky Lab pertama kali menemukan email spam mengenai Olimpiade di Rio de Janeiro, Brasil pada awal 2015, setahun sebelum acara tersebut berlangsung.

Mayoritas email spam tersebut dalam bahasa Inggris, tetapi ada beberapa yang menggunakan bahasa Portugis sesuai dengan lokasi Olimpiade pada tahun ini.

Menurut penelitian Kaspersky Lab, kelompok penipu internasional menjadi dalang dari pembuatan layanan tiket palsu untuk pertandingan pada Olimpiade 2016.

“Menurut penelitian kami, pembuatan situs palsu biasanya melibatkan kelompok penipuan internasional yang terorganisasi dengan baik. Mereka berbagi tugas, sehingga masing-masing kelompok kecil bertanggung jawab untuk bagian tertentu dari pekerjaan,” ungkap Andrey Kostin, Senior Web-Content Analyst di Kaspersky Lab melalui keterangan resminya, Selasa (8/2/2016).

Misalnya, kata Kostin, satu kelompok menciptakan situs web, kelompok lainnya bertanggung jawab untuk register domain, kelompok yang lain lagi mengumpulkan dan menjual informasi pribadi dari korban. Dalam rangka menghindari menjadi korban dari aksi penipuan ini, para penggemar olahraga harus cerdas ketika mereka membeli tiket.

Untuk menghindari kejahatan cyber tersebut bisa dilakukan dengan mudah yakni cermat dalam membeli tiket. Belilah tiket dari reseller resmi Sedangkan dari transaksi tiket online sebaiknya cek dahulu situsnya apakah terlihat valid atau terkesan biasa saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here