Published On: Kam, Agu 18th, 2016

Waspadalah, Jangan Asal Memutihkan Gigi dengan Arang

Gigi putih bersih adalah idaman setiap orang, dengan gigi putih tentunya akan menambah kepercayaan diri seseorang ketika bertemu orang lain atau pose tersenyum ketika foto.

Sehubungan dengan memutihkan gigi, akhir – akhir ini netizen diramaikan dengan sebuah video yang diunggah di youtube yaitu cara memutihkan gigi dengan arang.

Dalam tayangan video itu, sang host yang bernama Genevieve menunjukkan cara memutihkan gigi menggunakan sikat gigi dan bubuk arang (charcoal). Setelah menyikat gigi dengan bubuk arang selama 3-5 menit, Genevieve mengklaim giginya tampak lebih putih. Dia mengatakan, kapsul berisi bubuk arang itu bisa didapat dari gerai yang menjual makanan sehat atau secara online.

“Bahan ini sangat ampuh menyerap, salah satu bahan penyerap yang baik di planet,” ujarnya dalam video tersebut.

“Bahkan, beberapa rumah sakit menggunakannya untuk mengatasi kasus keracunan karena bahan ini bisa menyerap racun dan dengan mudah keluar dari tubuh. Hal yang sama pun bisa diterapkan pada gigi kita. Bahan ini menyerap bakteri, racun, serta noda pada gigi, hasilnya gigi tampak lebih putih,” lanjut Genevieve

Meskipun arang ini bisa dimanfaatkan untuk membersihkan dan memutihkan gigi, namun para dokter gigi sangat tidak menyarankan memutihkan gigi dengan cara ini, karena dikhawatirkan memiliki dampak yang buruk untuk jangka panjangnya. American Dental Association tidak mengevaluasi atau menyetujui produk pemutih gigi berbahan arang apa pun.

Dokter gigi yang berbasis di Michigan serta penulis Blabber Mouth! : 77 Secrets Only Your Mouth Can Tell You to Live a Healthier, Happier, Sexier Life yaitu Dr Susan Maples,  mengatakan bahwa pada Foxnews, tak ada cukup bukti untuk mengetahui apakah suplemen arang tersebut bermanfaat atau malah berbahaya.

“Gigi adalah satu-satunya bagian ektoderm yang tidak bisa bertumbuh atau memperbaiki dirinya sendiri. Sekali hilang maka selamanya hilang. Anda bisa mewarnai rambut, menindik kulit, merusak kuku, atau mencukur alis, tapi semua itu akan kembali (seperti semula),” jelas Maples.

Mengingat arang ini belum diketahui secara ilmiah mengenai efek jangka panjang bagi kesehatan gigi, maka para dokter gigi pun menyarankan memutihkan gigi dengan obat yang sudah disetujui.

“Yang aku khawatirkan dengan penggunaan arang ini adalah orang akan sering menggunakannya dan seiring waktu akan menyebabkan erosi (gigi),” kata Maples