Published On: Rab, Agu 17th, 2016

Wow Keren, 6 Teknologi Modern Ini Terinspirasi Kisah Fiksi

Jalaon.com – Inspirasi selalu datang dari mana saja tanpa diduga sebelumnya. Beberapa kecanggihan teknologi modern masa kini justru terinspirasi dari film atau novel fiksi yang dulu dianggap mustahil. Ternyata itu tak menghalangi seseorang untuk membawa semua “khayalan” ke dunia nyata.

Berikut ini sejumlah penemuan canggih yang berasal dari kisah fiksi dilansir dari laman Grunge.com (16/08/2016).

1. Internet

Teknologi internet awalnya berasal dari artikel kisah fiksi “Dial F for Frankenstein” karya Arthur C. Clarke yang diterbitkan Playboy pada 1964 silam. Artikel tersebut menginspirasi Tim Berners-Lee untuk menghubungkan sejumlah komputer dalam satu jaringan komunikasi. Berkat kerja keras Tim lahirlah versi pertama World Wide Web yang terus berkembang hingga kini.

2. Ponsel

Ide membuat ponsel terlintas di kepala Martin Cooper usai menonton salah satu episode Star Trek! Ia terinspirasi alat komunikator lipat yang digunakan Captain Kirk beserta awak kapalnya saat menjalani misi. Kerja keras mewujudkan imajinasi berbuah positif ketika sukses merancang bentuk dasar ponsel pada 1973, sebuah prestasi hebat yang tak pernah dicapai orang lain.

3. Kartu kredit

Istilah “kartu kredit” sudah muncul sebelum tahun 1940, tertulis jelas dalam buku fiksi Looking Backward: 2000-1887 karya Edward Bellamy. Buku itu berusaha menceritakan benda apa saja yang bakal ada di masa depan, termasuk menyinggung kehadiran kartu kredit sebagai pengganti uang.

4. Taser

Taser, senjata kejut listrik, merupakan singkatan dari Thomas A. Swift’s Electric Rifle. Jack Cover selaku sang penemu sengaja memberi nama demikian untuk menghormati sumber inspirasinya, yakni novel remaja berjudul Tom Swift and His Electric Rifle. Ia mulai mengembangkan senjata tersebut pada 1969 saat bekerja sebagai peneliti NASA.

5. Robot

Penulis asal Ceko, Karel Čapek, memperkenalkan istilah dan fungsi robot pada 1920. Ia mendeskripsikan robot sebagai pengganti manusia dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Imajinasi Čapek sukses menginspirasi penulis lain untuk membuat kisah fiksi seputar robot dan merangsang perkembangan teknologi untuk mewujudkan robot layaknya manusia ke dunia nyata.

6. Roket

Robert Goddard membangun roket pertama dalam sejarah umat manusia usai membaca kisah fiksi klasik The War of the Worlds karya H.G. Wells. Goddard akhirnya berani meluncurkan roket bahan bakar cair pada tahun 1926. Hasil kerja kerasnya dijadikan fondasi para ilmuwan saat ini untuk pembangunan roket modern.